nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wiranto Pimpin Rapat Kesiapan Akhir Pengamanan Pemilu 2019

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 15 April 2019 11:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 15 337 2043615 wiranto-pimpin-rapat-kesiapan-akhir-pengamanan-pemilu-2019-TMBMkaevqe.JPG Menko Polhukam, Wiranto pimpin rapat kesiapan akhir pengamanan Pemilu 2019 (Foto: Fahreza Rizky/Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto memimpin rapat koordinasi kesiapan akhir pengamanan Pemilu 2019 sekaligus menggelar video conference dengan aparat keamanan di sejumlah daerah. Kegiatan itu dilaksanakan di Gedung Nakula, Kemenko Polhukam, Jakarta.

Berdasarkan pantauan Okezone di lokasi, turut hadir Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala BIN Budi Gunawan, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menkominfo Rudiantara, Ketua KPU RI Arief Budiman, Ketua Bawaslu Abhan, Wamenlu AM Fachir, beserta kepala staf dari tiga matra TNI.

Hadir pula Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Pol Rudy Sufahriadi, Kabareskrim Polri Komjen Pol Idham Azis, Jaksa Agung HM Prasetyo, Kepala BSSN Djoko Setiadi, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Harjono, beserta para stakeholder lainnya.

Pada rapat tersebut Wiranto mengatakan, sebagian besar tahapan Pemilu 2019 sudah berhasil dijalankan dengan baik. Hal itu tidak terlepas dari kerjasama semua pihak dalam menyukseskan kegiatan tersebut. Kini, tahapan pemilu mencapai puncaknya, yakni pemungutan suara pada 17 April 2019.

"Dua hari lagi kita akan menghadapi tahapan puncak pemilu yakni pencoblosan dengan jumlah TPS yang sangat banyak. Seperti saya pesankan pada saat kita video conference lalu, kita harus dapat melaksanakan ini dengan aman dan sukses," kata Wiranto, Senin (15/4/2019).

Wiranto Pimpin Rapat

Mantan Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) itu ingin masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik dan tanpa intimidasi sedikit pun. Maka, diperlukan suatu pengamanan yang sangat terkoordinasi untuk memastikan pemungutan suara berjalan lancar. "Sehingga dapat menghadirkan pemimpin yang berkualitas," tutur Wiranto.

Jajaran pemerintah pusat menggelar video conference dengan stakeholder pengamanan di daerah, seperti Pangdam, Kapolda, dan lainnya. Wiranto berpesan kepada aparat untuk senantiasa memberikan ruang yang aman bagi para pemilih untuk mencoblos ke TPS. Selain itu, aparat juga diminta membantu penyelenggara pemilu apabila dibutuhkan.

"Ketiga, pasang mata dan telinga, netralisir tiap indikasi yang mengganggu pemilu. Cari, temukan dan atasi sebelum mereka lakukan kegiatan yang mengganggu," ujarnya.

"Kawal perhitungan suara secara tepat untuk menghindari kecurangan. Jaga netralitas sebagai aparat keamanan. Mengamankan pemilu adalah sebuah kehormatan," seru Wiranto.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini