Mahfud Ingatkan KPU untuk Siap Hadapi Sengketa Pemilu

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 15 April 2019 17:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 15 605 2043812 mahfud-ingatkan-kpu-untuk-siap-hadapi-sengketa-pemilu-f0S6Tp3cmv.jpg Mahfud MD (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk siap menghadapi sengketa Pemilu usai pelaksanaan pemungutan suara di Pilpres 2019.

Selain itu, Mahfud juga mengingatkan agar KPU bisa menangkal isu-isu kecurangan lantaran adanya pihak-pihak yang akan kalah dalam kontestasi pesta demokrasi lima tahunan itu.

"Pasti akan banyak perkara MK. Jadi saya ingatkan kepada KPU, hal yang pertama yang akan Anda hadapi pada tanggal 18 April itu isu kecurangan, isu kesalahan. Oleh sebab itu, KPU akan digugat ke MK. Sekurang-kurangnya oleh partai politik, oleh anggota legislatif yang merasa dicurangi," kata Mahfud MD di kawasan Kebon Sirih, Jakarta, Senin (15/4/2019).

Baca Juga: KPU: Perusahaan Wajib Liburkan Pegawai di Hari Pencoblosan Pemilu 2019!

Mahfud

Mahfud menilai, KPU harus benar-benar profesional menjaga semua dokumen, dan prosedur mulai dari sekarang. Pasalnya, kredebilitas penyelenggaraan Pemilu dipertaruhkan dalam setiap perkaranya.

"Karena menang dan kalah Anda, itu akan menetukan anda profesional atau tidak. Kalau Anda kalah berarti anda tak profesional," tegas Mahfud.

Pakar hukum tata negara itu meminta KPU harus benar-benar bisa mempersiapkan dengan baik untuk memenangkan setiap perkara Pemilu tersebut.

"Biar menang, sekarang diipersiapkan sebaik-baiknya. Karena yang nanti akan menjadi tergugat di MK adalah KPU, bukan paslon. Paslon itu tidak bisa digugat. Legislatif tak bisa digugat. Yang digugat KPU. Yang menggugat itu paslon dan anggota legislatif," katanya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini