nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Burung Kasuari Serang Pemiliknya hingga Tewas di Amerika Serikat

Agregasi VOA, Jurnalis · Selasa 16 April 2019 10:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 16 18 2044067 burung-kasuari-serang-pemiliknya-hingga-tewas-di-amerika-serikat-JPCZKFze3K.jpg Burung kasuari berasal dari Australia, Papua dan Papua Nugini. Foto/Yahoo

FLORIDA - Para pejabat di negara bagian Florida, Amerika Serikat (AS) mengatakan, seekor burung kasuari menyerang dan menewaskan pemiliknya, yang jatuh ketika sedang bekerja di tanah pertaniannya.

Kantor sherif kabupaten Alachua mengatakan korban yang tewas itu adalah Marvin Hajos (75 tahun). Kata polisi, Hajos sedang berada di tanah pertaniannya dekat kota Gainsville, pada Jumat (12/4/2019), ketika ia tampaknya jatuh dekat burung kasuari itu, dan langsung diserang oleh hewan besar yang tingginya 1,8 meter itu.

Kata para pejabat satwa liar, Marvin Hajos adalah peternak burung besar yang tidak bisa terbang itu. Kasuari adalah burung yang berasal dari Australia, Papua dan New Guinea.

BacaPerilaku Tak Biasa, Kawanan Ayam Keroyok Seekor Rubah hingga Tewas

Burung kasuari beratnya bisa mencapai 60 kg dan punya cakar yang sangat kuat. Kalau terancam, burung itu punya kecenderungan untuk menyerang dengan menggunakan kaki dan cakarnya yang kuat itu.

Pakar burung Andrew Kratter dari Musium Sejarah Alam di Florida heran ketika mendengar kejadian itu.

“Saya tidak tahu bahwa banyak orang memelihara burung itu. Saya pernah mendengar bahwa burung-burung itu berbahaya, tapi saya tidak mengira mereka bisa membunuh manusia,” kata Kratter.

Burung kasuari sering dijadikan makanan di New Guinea, tapi di Amerika burung itu tidak diternakkan untuk makanan, dan hanya dijadikan koleksi burung-burung eksotis.

Kata juru bicara polisi, burung kasuari yang dilaporkan membunuh pemiliknya itu masih berada di tanah pertanian tempatnya tinggal, dan apa yang akan dilakukan selanjutnya tergantung dari keputusan keluarga Hajos.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini