KPK Intai Penyelenggara Pemilu yang Terima Politik Uang

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 16 April 2019 09:37 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 16 605 2044046 kpk-intai-penyelenggara-pemilu-yang-terima-politik-uang-rt2pJ7EpMV.jpg Ilustrasi.

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta agar para penyelenggara pemilu menolak politik uang (money politics). KPK akan memantau indikasi penyebaran politik uang terhadap para penyelenggara pemilu.

Wakil Ketua KPK, ‎Saut Situmorang mengatakan, pihaknya bisa saja melakukan penindakan terhadap penyelenggara pemilu dari berbagai level, jika kedapatan menerima politik uang serta serangan fajar menjelang pencoblosan.

"KPK bisa saja akan melakukan penindakan di semua level mulai dari KPPS, Panwas, rekap suara di KPUD Kabupaten atau Kota dan Provinsi," kata Saut kepada Okezone, Selasa (16/4/2019).

(Baca juga: Desa Anti-Politik Uang di Sleman: 'Mulai Dari Tawaran Tenda, Kursi, yang Sayang Kalau Ditolak')

Saut berharap pemilu 2019 dapat menjadi pemilu yang cerdas dan berintegritas. Oleh karenanya, Saut mengimbau agar penyelenggara serta peserta pemilu menolak politik uang.

Saut Situmorang

"Money politics bisa menyerang siapa saja, untuk itu agar dihindari termasuk menghindari money politics terhadap penyelenggara pemilu," ungkapnya.

Sekadar informasi, pemilu 2019 akan digelar secara serentak‎ pada Rabu, 17 April 2019. Pemilu tahun ini akan dilaksanakan untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR, anggota DPRD Kota, dan anggota DPRD provinsi.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini