KPU : Pemilih E-KTP dan Suket Harus Sesuai Domisili

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 16 April 2019 14:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 16 605 2044178 kpu-pemilih-e-ktp-dan-suket-harus-sesuai-dengan-tempat-domisili-FnWJAgIt3o.jpg Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid. (Foto : Fadel Prayoga/Okezone)

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tetap mengizinkan kepada pemilih yang tidak terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 untuk bisa menggunakan hak pilihnya pada pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipatuhi.

Komisioner KPU Pramono Ubaid mengatakan, pemilih yang masuk ke dalam kategori daftar pemilih khusus (DPK) itu bisa mengggunakan e-KTP dan surat keterangan (suket) yang berasal dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) setempat. Mereka bisa mencoblos di TPS sesuai dengan alamat yang tertera di e-KTP dan suket.

"Mereka hanya bisa mencoblos di TPS sesuai dengan alamat e-KTP-nya atau suketnya," kata Pramono, Selasa (16/4/2019).

Pramono menjelaskan, pihaknya memberikan waktu sekira satu jam untuk mereka mencoblos, yakni dimulai pukul 12.00 hingga 13.00.

ilustrasi

"Mereka hanya bisa menggunakan hak suaranya satu jam terakhir, dari jam 12.00 sampai jam 13.00," ujarnya.


Baca Juga : Besok Prabowo Nyoblos di Hambalang, Sandiaga di Kebayoran Baru

Peraturan penggunaan suket atau e-KTP itu tercantum dalam PKPU 9 tahun 2019 Pasal 9, berisi:

Pasal 9

(1) Pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT dan DPTb sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 huruf c menggunakan hak pilihnya dengan menunjukkan KTP-el atau suket kepada KPPS pada saat Pemungutan Suara.

(2) Hak pilih sebagaimana dimaksud pada ayat (1) hanya dapat digunakan di TPS yang berada di rukun tetangga/rukun warga atau sebutan lain sesuai dengan alamat yang tertera dalam KTP-el atau Suket.


Baca Juga : Perjuangan KPU Tembus Hutan Demi Distribusi Logistik Pemilu di Papua

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini