Dari 63 Orang, Hanya 36 Tahanan yang Nyoblos di Rutan KPK

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Rabu 17 April 2019 13:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 17 605 2044635 dari-63-orang-hanya-36-tahanan-yang-nyoblos-di-rutan-kpk-7U1qsXNNct.jpg Febri Diansyah (Okezone)

JAKARTA - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah mengatakan, dari 63 tahanan yang mempunyai hak pilih, hanya 36 yang ikut mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 012, Guntur.

TPS 012 sendiri merupakan tempat mencoblos yang difasilitasi KPK untuk para tersangka atau terdakwa kasus korupsi.

 Baca juga: Hindari Suasana Stres, TPU di RSJ Solo Ini Bernuansa Jawa Lengkap dengan Gendingnya

"Total tahanan yang menggunakan hak pilih, 36 orang dari total 63 yang tercatat," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah melalui pesan singkatnya, Rabu (17/4/2019).

Febri menjelaskan, para tahanan yang menggunakan hak pilihnya di TPS 012 yakni, seluruh tahanan dari Rutan Gedung lama KPK, Kavling C1, Jalan HR Rasuna Said.

Kemudian, ada 21 tahanan yang ikut nyoblos di TPS 012, dari total 26 tahanan rutan Pomdam Jaya, Guntur, yang punya hak‎ pilih. Sehingga, ada lima tahanan rutan Pomdam Jaya, Guntut, yang tidak ikut mencoblos di TPS 012.

 Baca juga: Tinjau Pencoblosan di Rutan Salemba, Anies Disoraki "Hidup Prabowo!"

"Untuk di Rutan K4, lima tahanan perempuan nyoblos semua. Tahanan pria tidak ada yang menggunakan hak pilih, tercatat 22 orang," pungkasnya.

Berdasarkan pengamatan, mantan Ketua Umum (Ketum) Partai Persatuan dan Pembangunan (PPP), M Romahurmuziy tidak ikut mencoblos di TPS 012 yang disediakan KPK. Disinyalir, Romahurmuziy masih dibantarkan di RS Polri, Kramat Jati, karena sakit yang dideritanya.

Sebelumnya, KPK memfasilitasi 63 tahanan yang merupakan tersangka serta terdakwa kasus korupsi untuk mencoblos. KPK berkoordinasi dengan penyelenggara pemilu dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) 012 Guntur untuk memfasilitasi para tahanan untuk mencoblos.

 Baca juga: Jokowi-Ma'ruf Dijadwalkan Pantau Quick Count dari Djakarta Theater

Adapun, 63 tahanan yang akan mencoblos di TPS 012 berasal dari para tersangka atau terdakwa yang ditahan di 3 rutan cabang KPK, yaitu di belakang Gedung Merah Putih KPK di Kavling K4; kantor lama KPK di kav. C1 dan Pomdam Jaya Guntur.

Sementara untuk para tersangka yang dititipkan di Rutan ‎luar wilayah Gedung KPK, maka akan mencoblos di wilayah hukum tersebut.

‎Pemilu 2019 sendiri digelar secara serentak‎ pada hari ini, Rabu, 17 April 2019. Pemilu tahun ini dilaksanakan untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR, anggota DPRD Kota, dan anggota DPRD provinsi.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini