nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi: APBN 2020 Harus Detail dan Sesuai dengan Skala Prioritas

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 22 April 2019 12:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 22 337 2046378 jokowi-apbn-2020-harus-detail-dan-sesuai-dengan-skala-prioritas-EoA3RKNEy2.jpg Presiden Jokowi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa tantangan Indonesia ke depan akan semakin sulit. Menurut Jokowi, tantangan Indonesia pada 2020 juga tidak mudah.

Ia pun meminta para menteri dan kabinet kerja untuk bisa mengantisipasi dinamika perekonomian dunia yang terus berubah secara dinamis. Jokowi ingin pemerintah mampu menciptakan daya tahan ekonomi nasional yang berdaya saing.

"Terutama dua hal yang sudah sering saya sampaikan, investasi dan ekspor. Karena itu APBN 2020 harus mampu memberikan stimulus bagi peningkatan ekspor dan investasi," ujar Jokowi dalam rapat terbatas 'Ketersediaan Anggaran dan Pagu Indikatif Tahun 2020' di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (22/4/2019).

Jokowi memaparkan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada tahun depan juga harus menjadi stimulus pertumbuhan ekonomi yang berkualitas. Dengan begitu pertumubuhan bisa merata dan berkeadilan bagi seluruh masyarakat.

"Terkait penyusunan pagu indikatif 2020, perlu saya ingatkan yang pertama untuk kesinambungan pembangunan kita harus fokus pada penguatan sumber daya manusia dan perlindungan sosial, menyambung apa yang kita mulai 2019," papar Jokowi.

Jokowi

Baca Juga: Jokowi: Kita Kehilangan Rp65 Triliun di Jabodetabek Gara-Gara Kemacetan

Kepala Negara menilai, rencana anggaran pada 2020 harus lebih detail dan sesuai dengan skala prioritas pembangunan. Selain itu, yang juga paling utama dalam anggaran tahun depan harus bisa dilaksanakan dan bisa diukur hasilnya.

"Rencana anggaran untuk 2020 harus detail dan sesuai dengan prioritas pembangunan dan yang juga paling utama harus bisa dilaksanakan dan bisa diukur hasilnya," katanya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini