91 Petugas KPPS Meninggal dan 374 Orang Sakit, Ini Respons KPU

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Selasa 23 April 2019 13:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 23 606 2046939 91-petugas-kpps-meninggal-dan-374-orang-sakit-ini-respons-kpu-nBdjub6bRD.jpg Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan (foto: Okezone)

JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Wahyu Setiawan mengatakan, sudah mengusulkan kepada pemerintah untuk memberikan jaminan kesehatan terhadap petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Wahyu menjelaskan, petugas KPPS memiliki pekerjaan yang sangat berat dan melelahkan saat Pemilu yang digelar serentak pada Rabu 17 April 2019. Terbukti, ada 91 KPPS meninggal dunia dan 374 orang sakit.

Baca Juga: Petugas KPPS Meninggal Bertambah Jadi 91 Orang, 374 Jatuh Sakit 

"Pertama kami mengucapkan duka cita yang mendalam. Kawan-kawan kita di lapisan bawah itu karena kelelahan dalam bekerja sehingga harus wafat melaksanakan tugasnya," kata Wahyu kepada Okezone, Selasa (23/4/2019).

Menurut Wahyu, jaminan kesehatan untuk KPPS merupakan hal yang sangat penting. "Ya salah satu rekomendasi kita berilah jaminan kesehatan untuk penyelenggara pemilu termasuk KPPS. selama ini belum ada," tutur dia.

Namun, kata dia, rekomendasi KPU belum dapat direalisasikan pemerintah terkait jaminan kesehatan untuk petugas KPPS

"Sebenarnya kita sudah usulkan, jadi waktu rapat konsultasi itu antara KPU dengan pemerintah dan DPR usulkan adanya semacam asuransi kesehatan untuk penyelenggara pemilu di tingkat bawah terutama KPPS," ujarnya.

Baca Juga: Gelar Riset dan Evaluasi, KPU Rekomendasikan Pemilu Serentak Dipisah

Petugas KPPS Kota Bogor Sakit Akibat Kelelahan (foto: Putra RA/Okezone)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini