nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Putin dan Kim Jong-un Bertemu untuk Pertama Kalinya dalam KTT di Vladivostok

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 25 April 2019 13:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 25 18 2047881 putin-dan-kim-jong-un-bertemu-untuk-pertama-kalinya-dalam-ktt-di-vladivostok-W1bzFKxoru.jpg Foto: AFP.

VLADIVOSTOK – Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dan melakukan pembicaraan dengan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un dalam pertemuan tingkat tinggi (KTT) pertama mereka. Kedua pemimpin berjabat tangan di Pulau Russky, dekat Kota Vladivostok pada Kamis, 25 April.

Kremlin mengatakan kedua pemimpin membahas mengenai denuklirisasi, tetapi Kim juga diyakini akan meminta dukungan dari Rusia setelah negosiasi dengan Amerika Serikat (AS) gagal mencapai kesepakatan.

Pada pidato pembukaan mereka, Pemimpin Rusia dan Korea Utara merujuk pada sejarah panjang hubungan kedua negara mereka. Putin juga mengatakan bahwa dia ingin membantu meredakan ketegangan di Semenanjung Korea.

Foto: AFP.

"Saya yakin kunjungan Anda hari ini ke Rusia akan membantu kami untuk lebih memahami bagaimana kami dapat menyelesaikan situasi di semenanjung Korea dan apa yang dapat dilakukan Rusia untuk mendukung proses positif yang sedang terjadi saat ini," kata Putin sebagaimana dilansir BBC, Kamis (25/4/2019).

Menurut Juru Bicara Kepresidenan Rusia Dmitry Peskov, Kremlin meyakini pembicaraan enam negara mengenai Korea Utara, yang saat ini mandek, adalah satu-satunya cara yang efisien untuk menangani masalah senjata nuklir di semenanjung.

"Tidak ada mekanisme internasional lain yang efisien saat ini," kata Peskov kepada wartawan, Rabu.

"Tapi, di sisi lain, upaya sedang dilakukan oleh negara-negara lain. Di sini semua upaya pantas mendapat dukungan selama mereka benar-benar bertujuan untuk denuklirisasi dan menyelesaikan masalah kedua Korea."

Korea Utara dan Rusia memiliki hubungan yang cukup dekat pada masa Perang Dingin di mana Rusia yang saat itu merupakan bagian dari Uni Soviet memiliki hubungan militer dan dagang yang dekat dengan Korea Utara, salah satu sekutu komunisnya. Kedua negara memiliki kesamaan ideologis dan strategis.

Pada 2014, Rusia yang berhasil bangkit dari kesulitan ekonomi menghapus seluruh utang-utang Korea Utara dari masa Uni Soviet sebagai bentuk itikad baik.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini