nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Thailand Anggarkan Rp443,5 Miliar untuk Upacara Penobatan Raja Baru

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 29 April 2019 11:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 29 18 2049268 thailand-anggarkan-rp443-5-miliar-untuk-upacara-penobatan-raja-baru-hprQNcU1g9.jpg Gladi resik upacara penobatan raja baru Thailand. (Foto: Reuters).

BANGKOK – Pihak berwenang menutup 40 jalan di Ibu Kota Bangkok saat band dan petugas berkuda berbaris melintasi Istana Kerajaan pada Minggu dalam gladi resik upacara penobatan Raja Maha Vajiralongkorn yang akan digelar pada akhir pekan mendatang. Upacara penobatan itu akan menjadi yang pertama kali digelar di Thailand dalam hampir tujuh dekade terakhir.

Raja Vajiralongkorn, 66, juga dikenal dengan gelar Raja Rama X, menjadi raja konstitusional setelah kematian ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej yang dihormati, pada Oktober 2016 setelah 70 tahun bertakhta.

Penobatan Raja Vajiralongkorn digelar menyusul masa berkabung dan pemakaman Raja Bhumibol, setahun setelah kematiannya.

Pemerintah Thailand dilaporkan telah menganggarkan 1 miliar baht (sekira Rp443,5 miliar) untuk upacara penobatan yang akan digelar pada 4-6 Mei. Jumlah itu sekira sepertiga dana yang dianggarkan untuk pemakaman Raja Bhumibol.

Diwartakan Reuters, Senin (29/4/2019), upacara penobatan resmi itu akan menjadi campuran upacara keagamaan Buddha dan ritual Hindu Brahmana. Raja Maha Vajiralongkorn akan dinobatkan pada 4 Mei dan diikuti prosesi di hari berikutnya. Pada 6 Mei yang dinyatakan sebagai hari libur nasional, sang raja baru akan bertemu dengan dan pejabat tinggi Thailand dan negara asing.

Warga Thailand telah diimbau untuk mengenakan pakaian kuning - warna yang terkait dengan raja dan almarhum ayahnya - untuk menunjukkan dukungan kepada raja dari April hingga ulang tahunnya pada akhir Juli.

Thailand telah menjadi monarki konstitusional sejak 1932, tetapi raja dianggap sebagai pelindung spiritual rakyat dan budayanya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini