nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mesin Terbakar, Pesawat Air Zimbabwe Minta Mendarat Darurat di Afsel

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 29 April 2019 18:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 29 18 2049509 mesin-terbakar-pesawat-air-zimbabwe-minta-mendarat-darurat-di-afsel-J0z0AyMfU1.jpg Foto: Reuters.

JOHANNESBURG - Sebuah pesawat komersial Zimbabwe dalam perjalanan menuju Harare meminta izin mendarat darurat dan berputar-putar di atas bandara dekat Johannesburg, Afrika Selatan setelah salah satu mesinnya terbakar beberapa saat setelah lepas landas.

Sebuah video, dibagikan oleh akun pelacak-penerbangan populer di Twitter, menunjukkan api menyala keluar dari mesin kiri saat pesawat itu terbang di langit malam di atas Johannesburg.

Mesin terbakar tak lama setelah Air Zimbabwe Boeing 767-200 lepas landas dari Bandara Internasional O.R Tambo, dekat Johannesburg, pada Minggu malam. Pilot dengan cepat meminta pendaratan darurat.

Tetapi menurut juru bicara Perusahaan Bandara Afrika Selatan, api berhasil dipadamkan di tengah penerbangan sehingga pendaratan darurat tidak diperlukan. Setelah berputar di atas bandara, pesawat itu melanjutkan perjalanan dan mendarat dengan selamat di Ibu Kota Zimbabwe Harare.

"Ada kebakaran pipa ekor tapi itu tidak membahayakan keselamatan penerbangan," terang Air Zimbabwe kepada media lokal setelah kebakaran tersebut sebagaimana dilansir RT, Senin (29/4/2019).

Peristiwa serupa terjadi awal bulan ini dengan Boeing 767-300ER yang terbang menuju Tel Aviv di Spanyol. Pesawat milik maskapai Israel Arkia itu terpaksa berbalik dan melakukan pendaratan darurat ketika mesinnya terbakar setelah lepas landas dari Barcelona.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini