nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beberapa Hari Sebelum Dinobatkan, Raja Thailand Nikahi Pengawal Pribadinya

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 02 Mei 2019 10:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 02 18 2050467 beberapa-hari-sebelum-dinobatkan-raja-thailand-nikahi-pengawal-pribadinya-JA91VfJNUA.jpg Raja Maha Vajiralongkorn dan Ratu Suthida dalam upacara pernikahan di Bangkok, Thailand, 1 Mei 2019. (Foto: Reuters)

BANGKOK – Hanya beberapa hari menjelang penobatannya resminya, Raja Thailand Maha Vajiralongkorn tanpa diduga-duga melangsungkan pernikahan dengan pengawal pribadinya, Jenderal Suthida. Dengan pernikahan itu, Suthida menjadi ratu baru Thailand dengan gelar Ratu Suthida.

Diwartakan Reuters, Kamis (2/4/2019), pengumuman mengejutkan mengenai pernikahan sang Raja disampaikan melalui Royal Gazette, surat kabar kerajaan, dan cuplikan dari upacara pernikahan yang digelar pada Rabu itu kemudian ditampilkan pada segmen Berita Kerajaan malam yang ditayangkan di semua saluran televisi Thailand.

Rekaman dari acara pernikahan itu menunjukkan beberapa tokoh penting yang hadir di pernikahan itu termasuk Pemimpin Junta Militer Prayuth Chan-ocha, serta anggota keluarga kerajaan dan penasihat istana lainnya.

Raja Maha Vajiralongkorn yang berusia 66 tahun duduk sebagai raja baru Thailand menggantikan ayahnya yang dihormati, Raja Bhumibol Adulyadej yang meninggal pada Oktober 2016, setelah 70 tahun berkuasa. Jabatan tersebut merupakan jabatan konstitusional di mana seorang raja berperan sebagai simbol negara.

Pria yang juga memiliki gelar Raja Rama X itu akan secara resmi dinobatkan dalam upacara Buddha dan Brahmana yang rumit pada Sabtu, 4 Mei dengan diikuti oleh prosesi melalui Bangkok pada hari berikutnya.

Pada 2014, Vajiralongkorn menunjuk Suthida Tidjai, mantan pramugari Thai Airways, sebagai wakil komandan unit pengawalnya. Hubungan asmara antara keduanya banyak dihubungkan tetapi tidak pernah diakui secara resmi oleh Istana.

Sang Raja menjadikan Suthida sebagai jenderal penuh di Angkatan Darat Kerajaan Thailand pada Desember 2016, dan wakil komandan penjaga pribadi raja pada 2017. Ia juga menjadikan Suthida, seorang Thanpuying, gelar kerajaan yang berarti Lady.

Sebelumnya, Raja Maha Vajiralongkorn pernah tiga kali menikah dan tiga kali bercerai. Dari pernikahannya dia memiliki tujuh orang anak.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini