nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gubernur Kalteng Sudah Cadangkan Lahan untuk Pemindahan Ibu Kota

Sigit Dzakwan, Jurnalis · Senin 06 Mei 2019 17:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 06 340 2052144 gubernur-kalteng-sudah-cadangkan-lahan-untuk-pemindahan-ibu-kota-Ah7Ev90ApG.jpg Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (Foto: Ist)

PALANGKARAYA - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran mengaku telah menyampaikan beberapa hal penting terkait rencana pemindahan Ibu Kota saat menghadiri undangan Kantor Staf Presiden. Ia memastikan telah menyiapkan lahan untuk merealisasikan rencana tersebut. 

"Sesuai dengan arahan Bapak Presiden tahun 2016, saya selaku Gubernur telah siap dan sudah mencadangkan lahan untuk kebutuhan Ibu Kota di Kalimantan Tengah", ucap Sugianto Sabran dalam paparannya saat menjadi narasumber dalam diskusi media, dengan topik "Rencana Pemindahan Ibukota" di Ruang Rapat Umum, Gedung Bina Graha, Jakarta, Senin (6/5/2019).

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini menuturkan, Kota Palangkaraya adalah cita-cita Soekarno untuk masa depan Ibu Kota Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dari sisi geopolitik pertahanan nasional, daerah ini terletak di tengah Indonesia, bebas dari rawan bencana serta aman.

"Selaku wakil pemerintah pusat di daerah, saya sudah cadangkan dan amankan dan siap mensukseskan rencana revolusioner pembangunan Ibu Kota Pemerintahan NKRI dari visi Nawacita Presiden Joko Widodo," katanya.

(Baca Juga: Jokowi Putuskan Ibu Kota Indonesia Dipindah ke Luar Jawa)

Gubernur Kalteng

Daya tarik Kalimantan Tengah layak menjadi alternatif lokasi Ibu Kota yang baru. Hal ini sesuai dengan hasil kajian Bappenas: 1) Tersedianya Lokasi Luas, 2).Potensi Ekonomi Besar, 3). Secara Geografis dan Strategis.

"Insya Allah bebas dan aman dari bencana gempa bumi," ujar Sugianto.

Menurutnya, Kalimantan Tengah adalah paru-paru dunia, daerah hijau yang cocok untuk membangun infrastruktur green city yang ramah lingkungan. Tersedianya sumber energi batubara yang melimpah, lahan pertanian yang luas.

"Kalimantan Tengah terletak di tengah-tengah Indonesia, yang akan mengubah Jawa Sentris menjadi Indonesia Sentris. Karena Kalimantan Tengah adalah Indonesia", ucapnya.

Ditambah aspek budaya Kalimantan Tengah juga sangat kuat, mempunyai slogan dengan Bumi Pancasila, Bumi yang menjunjung tinggi keberagaman dengan simbolisasi Rumah Betang. Filosofi rumah betang ini pernah disinggung Ma'ruf Amin dalam debat Pilpres.

(Baca Juga: Kepala Bappenas: Kita Butuh Undang-Undang untuk Pemindahan Ibu Kota)

Rumah Betang sendiri adalah rumah khas dayak di mana di dalamnya dihuni oleh kelompok masyarakat dengan perbedaan dan keberagaman. "Selaku Gubernur, apapun yg akan diputuskan oleh Presiden, Kalimantan Tengah siap untuk mensukseskan Pemindahan Ibukota untuk masa depan Indonesia," katanya.

Sementara itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, pertemuan ini adalah tindaklanjut atas diskusi minggu lalu tentang pemindahan Ibu Kota.

“Banyak faktor sehingga harus dilaksanakan pemindahan ibu kota. Di antaranya, kesenjangan sosial Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa, ingin membangun kota metropolitan baru, hingga beban Jakarta sebagai ibu kota dibandingkan daerah lainnya sudah cukup tinggi,” ujarnya.

Turut hadir mendampingi Gubernur, Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri, Tim Percepatan Pembangunan (TPP) Kalimantan Tengah Berkah, Kepala Bappedalitbang Yuren S. Bahat, dan Kepala Dinas Kehutanan Kalimantan Tengah.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini