nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KASN Surati Rektor UIN Riau Minta Klarifikasi UAS soal Dukung Prabowo

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 07 Mei 2019 20:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 07 337 2052771 kasn-surati-rektor-uin-riau-minta-klarifikasi-uas-soal-dukung-prabowo-96kamVIflr.jpg Foto Istimewa

JAKARTA - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menyurati Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Riau, terkait Ustaz Abdul Somad alias UAS mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019. UAS tercatat sebagai ASN sekaligus pengajar di kampus itu.

Surat KASN perihal Netralitas ASN tersebut dilayangkan setelah video dialog Ustaz Abdul Somad dengan Prabowo pada 11 April 2019 yang ditayangkan TVOne heboh dan viral di media sosial.

Surat yang ditujukan ke Rektor UIN Sultan Syarif Kasim pada poin 2 disebutkan bahwa materi dialog antara UAS dengan Prabowo "bisa ditafsirkan sebagai keberpihakan kepada calon presiden tersebut."

 sd

Asisten Komisioner Bidang Promosi dan Advokasi KASN, Nurhasni saat dikonfirmasi Okwzone, Selasa (7/5/2019) mengatakan, surat tertanggal 16 April 2019 itu memang benar dari KASN.

Menurutnya, sesuai prosedur bahwa laporan atau temuan terkait dugaan pelanggaran netralitas ASN, sebelumnya harus dilakukan permintaan klarifikasi kepada pihak yang diduga mlakukan pelanggaran dan pihak terkait lainnya.

"Kami meminta atasan ASN (UAS) yang diduga melakukan pelanggaran netralitas untuk meminta klarifikasi kepada UAS dan hasilnya disampaikan kepada KASN. Hasil klarifikasi tersebut sebagai bahan pengambilan keputusan KASN," ujar Nurhasni.

Sementara untuk pemberhentian seseorang dari status ASN, menurut dia, harus melalui proses sesuai peraturan perundangan-undangan.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini