nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jet Pemerintah Jerman Ditabrak Van, Kanselir Angela Merkel Terpaksa Tukar Pesawat

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 14 Mei 2019 14:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 14 18 2055503 jet-pemerintah-jerman-ditabrak-van-kanselir-angela-merkel-terpaksa-tukar-pesawat-qiS5dPgFJr.jpg Foto: Global Look Press.

DORTMUND - Sebuah van menyerempet pesawat jet Kanselir Jerman Angela Merkel dan melukai lambung pesawat tersebut. Merkel sedang tidak ada di dalam pesawat saat kejadian, tetapi insiden itu adalah kejadian terbaru dari rangkaian insiden yang melibatkan pesawat pemerintah Jerman.

Van itu, sebuah Renault Trafic, meluncur ke dalam pesawat Bombardier Global 5000 di bandara Dortmund pada Senin sore. Tiga anggota kru di kapal tidak terluka, dan tingkat kerusakan yang diakibatkan tidak jelas.

Merkel sendiri berada di Dortmund untuk menghadiri serangkaian pertemuan dan akan diterbangkan kembali ke Berlin dengan pesawat lain, demikian disampaikan Luftwaffe pada Senin sebagaimana dilansir RT, Selasa (14/5/2019).

Seorang sumber pemerintah mengatakan kepada tabloid Jerman Bild, mungkin dengan bercanda, bahwa pengemudi van itu begitu terpesona melihat jet Merkel sehingga mereka berusaha untuk melihatnya lebih dekat dan lupa menarik rem tangan, menyebabkan kecelakaan.

Insiden akan menjadi kejadian yang biasa-biasa saja, kecuali karena fakta bahwa 12 pesawat armada pemerintah Jerman telah terlibat dalam enam insiden teknis sepanjang tahun ini.

Pesawat Global 5000 Luftwaffe terpaksa melakukan pendaratan darurat di Bandara Schoenefeld Berlin bulan lalu, menyebabkan dua krunya terluka. Sementara pesawat Airbus A340 andalan pemerintah, Konrad Adenauer, mengalami dua kecelakaan teknis juga pada April juga, sekali di Cologne dan sekali lagi di New York, dengan Menteri Luar Negeri Heiko Maas di dalamnya.

Maas terjebak di Mali pada Februari setelah pesawat A319 pemerintah mengalami masalah dengan roda pendaratannya, sementara Menteri Pembangunan Gerd Mueller tertunda di Zambia dan Malawi setelah Bombardier Global 5000-nya mengalami masalah mesin pada dua kesempatan terpisah pada Januari.

Mueller, yang harus membatalkan perjalanan ke Namibia sebagai akibat dari penundaan itu, mengatakan bahwa insiden itu memalukan bagi reputasi Jerman sebagai negara yang maju dalam bidang teknologi, dan merusak merek 'Buatan Jerman'.

Mungkin yang paling memalukan, Merkel melewatkan pembukaan KTT G20 November lalu di Buenos Aires, setelah Konrad Adenauer mengalami kerusakan teknis setelah mengudara selama satu jam dalam penerbangan 15 jam dan terpaksa melakukan pendaratan darurat di Cologne. Merkel sendiri terpaksa mengejar penerbangan komersial ke Argentina pada hari berikutnya.

(dka)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini