nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebabkan Kanker, Produsen Pestisida Pembunuh Gulma Bayar Denda USD2 Miliar

Agregasi VOA, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 08:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 15 18 2055823 sebabkan-kanker-produsen-pestisida-pembunuh-gulma-bayar-denda-usd2-miliar-T37NY0FYJE.jpg Berbagai kemasan pestisida "Roundup" di sebuah toko di San Francisco, Amerika Serikat. (Foto: AP)

KETIGA kalinya dalam kurun waktu kurang dari satu tahun, juri pengadilan telah menyatakan bahwa bahan-bahan utama dalam pestisida pembunuh rumput liar yang terkenal di Amerika Serikat telah menyebabkan kanker bagi penggunanya.

Tim juri di suatu pengadilan di San Francisco pada Senin 13 Mei 2019 memberikan lebih dari USD2 miliar kepada pasangan berusia 70-an tahun yang mengatakan glifosat dalam pestisida pembunuh rumput liar "Roundup" telah membuat mereka menderita kanker limfoma non-Hodgkin yaitu semacam kanker kelenjar getah bening. Pasangan tersebut mengatakan telah menggunakan "Roundup" selama 35 tahun.

Alberta Pilloid yang menggugat "Roundup" mengatakan, "Kami berharap Monsanto mengingatkan kami sebelumnya tentang bahaya menggunakan Monsanto dan bahwa ada semacam petunjuk di bagian depan labelnya yang mengatakan 'bahaya, dapat menyebabkan kanker'."

Kuasa hukum pasangan Pilloit mengatakan kajian ilmiah menunjukkan glifosat dapat memicu kanker kepada manusia dan hewan.

Ilustrasi uang dolar. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

Bayer, perusahaan yang membuat "Roundup", berkilah Badan Perlindungan Lingkungan Hidup Amerika (EPA) memastikan bahwa ketika digunakan sesuai petunjuk, glifosat tidak berbahaya. Bayer menyatakan pihaknya kecewa dengan putusan pada Senin itu dan berencana mengajukan banding.

Dua tim juri dalam pengadilan terpisah pada Maret dan Agustus juga memberikan ganti rugi jutaan dolar kepada para korban "Roundup" dan ribuan kasus gugatan lain masih menunggu disidangkan.

Surat kabar The Wall Street Journal melaporkan harga saham Bayer turun 30 persen sejak kekalahan pertama dalam sidang pengadilan pada Agustus lalu.

(han)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini