nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PRT Filipina Diikat ke Pohon karena Taruh Barang Majikan di Luar Rumah

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 13:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 15 18 2055992 prt-filipina-diikat-ke-pohon-karena-taruh-barang-majikan-di-luar-rumah-GBlrbKnlmd.jpg PRT asal Filipina diikat sebagai hukuman menaruh barang majikannya di luar rumah. Foto/Daily Mail

RIYADH - Seorang pembantu rumah tangga (PRT) asal Filipina diikat ke pohon atas kesalahannya meletakkan barang majikannya di luar rumah saat siang hari.

Perempuan bernama Lovely Acosta Baruelo (26) bekerja untuk keluarga kaya di Riyadh, Arab Saudi, selama beberapa bulan.

Namun dia dilaporkan telah membuat marah majikannya setelah meninggalkan sebauh barang mahal yang berisiko membuat warna barang itu memudar karena matahari.

Seorang kolega korban yang juga dari Filipina, mengambil foto saat Lovely dihukum. Pergelangan tangan dan kakinya diikat ke pohon di taman keluarga pada 9 Mei.

Majikannya sengaja mengikat Lovely agar merasakan efek matahari saat siang hari.

Foto/Daily Mail

Departemen Luar Negeri Filipina (DFA) mengatakan telah mengetahui situasi dan berhasil membantu ibu dua anak itu untuk pulang.

“Departemen Luar Negeri (DFA) melaporkan bahwa Pekerja Luar Negeri Filipina (OFW) Lovely Acosta Baruelo dari Arab Saudi tiba di Manila pada pukul 08.55 malam. pada 9 Mei 2019,” DFA dalam sebuah pernyataan.

“Kedutaan Besar Filipina di Riyadh melaporkan bahwa kasus OFW Baruelo dirujuk kepada mereka pada tanggal 9 Mei, dan dia dipulangkan pada hari yang sama. OFW Baruelo diduga dihukum oleh majikannya dengan diikat ke pohon.”

Lovely yang telah kembali ke keluarganya di La Union, Filipina mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantunya.

“Saya juga ingin meminta bantuan kepada orang Filipina lainnya yang tingga di sana. Mereka adalah orang-orang yang membantu saya dan mengunggah foto-foto saya. Saya takut keselamatan mereka. Saya harap mereka juga diselamatkan.

Diperkirakan 2,3 juta orang Filipina bekerja di Timur Tengah dan Afrika. Mayoritas dari mereka adalah perempuan.

Ada banyak keluhan bahwa mereka diperlakukan tidak baik oleh majikan mereka.

(fzy)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini