Prabowo Tolak Hasil Pilpres, Ini Reaksi Jokowi

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 20:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 15 605 2056183 prabowo-tolak-hasil-pilpres-ini-reaksi-jokowi-mNiwmZ5yNW.jpg Jokowi Usai Buka Puasa di Rumah OSO (Foto: Fakhrizal/Okezone)

JAKARTA - Calon presiden (capres) Joko Widodo menyerahkan sepenuhnya hasil Pilpres 2019 kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ia enggan mengomentari soal adanya penolakan hasil Pilpres 2019 yang disampaikan capres Prabowo Subianto.

"Ya itu kita serahkan semuanya ke KPU kepada penyelenggara yang punya kewenangan adalah KPU. Serahkan ke KPU," singkat Jokowi usai menghadiri acara bukber di kediaman Ketua DPD Oso, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Jokowi menilai, semua proses penyelenggaraan Pemilu serentak 2019 telah diatur KPU. Sedangkan, aturan penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan itu telah diatur dalam konstitusi.

"Ya semuanya kan ada mekanismenya. Semuanya diatur konstitusi kita, semuanya diatur oleh UU. Kita semuanya diatur oleh PKPU. Semua mekanismenya ada. Jadi mestinya semuanya melalui mekanisme yang sudah diatur oleh konstitusi," imbuhnya.

(Baca Juga: Prabowo Menolak Penghitungan Suara, Ini Tanggapan KPU)

Menurut Jokowi, bila adanya dugaan kecurangan Pemilu bisa dilaporkan ke Bawaslu dan Mahkamah Konstitusi (MK). "Kalau ada, kalau ada kecurangan Bawaslu, kalau sengketa yang lebih besar ke MK. Mekanisme itu sudah diatur," terangnya.

(Baca Juga: Prabowo: Yang Pasti Menang Prabowo-Sandi, Mereka yang Curang Akhlaknya Seperti Lutung)

Ia menambakan, konstitusi telah mengatur semua aturan main dalam pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia. Dengan begitu, aturan hukum di Pilpres 2019 telah jelas dan bisa dilaksanakan mekanismenya.

"Negara kita ini sudah ada aturan mainnya, sudah jelas, konstitusinya jelas, undang-undangnya juga jelas, aturan hukumnya jelas, ya ikuti," pungkasnya.

(kha)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini