nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ular Piton 4 Meter Sembunyi di Saluran Air Gegerkan Warga

Bramantyo, Jurnalis · Minggu 19 Mei 2019 18:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 19 512 2057587 ular-piton-4-meter-sembunyi-di-saluran-air-gegerkan-warga-e2WsRCWRl3.png Ular piton 4 meter berhasil dievakuasi dari saluran air dekat rumah warga. (Ist)

KARANGANYAR – Warga Paulan, Colomadu, Karanganyar dikejutkan dengan adanya ular berjenis piton bersembunyi di saluran air dalam rumah seorang warga bernama Darmawan, pada Minggu (19/5/2019) dini hari.

Tak diketahui dari mana ular piton itu berasal hingga akhirnya masuk dan bersembunyi di saluran air rumah. Namun, adanya ular itu membuat pemilik rumah ketakutan.

Hingga akhirnya sekira pukul 05.00 WIB, pemilik rumah menghubungi komunitas pencinta hewan, Snake Rescue Boyolali (SRB).

Bintang Putra Sadewa dari Snake Rescue Boyolali (SRB) mengatakan begitu mendapatkan laporan adanya ular piton dalam saluran air, pihaknya langsung menuju lokasi.

"Setelah dicek, ternyata ular itu berada di dalam drainase (saluran air) yang letaknya tepat di tengah ruang tamu," ujar Bintang, Minggu (19/5/2019).

Setelah mengetahui posisi ular itu berada, tim Snake Rescue ini langsung melakukan pembongkaran ubin lantai rumah.

Begitu ubin dibongkar, tim Snake Rescue terkejut melihat ukuran ular itu cukup besar. Ular itu bersembunyi di drainase yang letaknya tepat di bawah lantai yang dibeton.

“Cukup sulit juga untuk mengeluarkan ular ini dari drainase. Meski ubin di dalam rumah telah dibongkar, ular tersebut tidak mau keluar," tuturnya.

Ular piton (Ist)

Melihat kondisi tersebut, tim dibantu warga serta aparat kepolisian dari Polsek Colomadu ini pun akhirnya meminta bantuan tim Damkar untuk membantu mengeluarkan ular dari dalam saluran air.

Caranya, dengan membuat kondisi saluran air tergenang. Menurut Bintang, biasanya cara ini berhasil. Pasalnya, ular piton masuk kategori ular yang tak suka berlama-lama dalam air.

Tapi, cara itu pun tak berhasil. Sebab, ternyata ular piton itu cukup cerdik untuk bertahan. Saluran air itu ditutupnya dengan menggunakan badan ular yang cukup besar sehingga air tak bisa masuk ke dalam saluran.


Baca Juga : Pak RT Kaget Lihat Ular Segede Paha Manusia Ada di Dalam Kamar Mandinya

"Melihat uletnya ular piton itu bertahan, kami pun meminta izin untuk membongkar satu lagi ubin. Namun tetap gagal. Ular masih terus bertahan di dalam drainase. Hingga akhirnya, dua ubin lantai pun kami bongkar lagi," ujarnya.

Setelah berjuang 6 jam lamanya untuk mengambil ular di dalam saluran air, setelah membongkar lagi dua ubin lantai, ular itu pun menunjukkan reaksi dengan bergerak mundur untuk melarikan diri.

"Begitu melihat kepala ular itu keluar, secepat kilat, kepala ular langsung ditangkap. Dibantu dengan warga, ular piton itu berhasil dibawa ke luar rumah," ujar Bintang yang menyebut bila ular piton itu setelah diukur memiliki panjang 4 meter.


Baca Juga : Piton 3 Meter Ditemukan di Halaman Rumah Mewah saat Waktu Sahur

Bintang belum bisa memastikan dari mana ular ini berasal. Kemungkinan, ular ini masuk ke dalam rumah mencari perlindungan dari udara yang cukup panas.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini