nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anies: Wujudkan Kebangkitan Nasional Melalui Karya Nyata di Ibu Kota

Hantoro, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 14:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 20 337 2057927 anies-wujudkan-kebangkitan-nasional-melalui-karya-nyata-di-ibu-kota-uLCXi9dnHR.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan turut memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap 20 Mei. Ia menyatakan Jakarta adalah episentrum Kebangkitan Nasional. Sejumlah peristiwa penting dan bersejarah pun terjadi di Ibu Kota terkait Kebangkitan Nasional.

"Jakarta adalah episentrum kebangkitan nasional, banyak peristiwa bersejarah terjadi, termasuk kesepakatan kita sebagai bangsa," ungkap Anies melalui akun Twitter @aniesbaswedan, seperti dinukil Okezone, Senin (20/5/2019).

(Baca juga: KPK: Peringati Hari Kebangkitan Nasional dengan Persatuan dan Nasionalisme)

Ia pun mengajak seluruh pihak mewujudkan hal-hal terkait Kebangkitan Nasional itu melalui karya nyata di DKI Jakarta.

"Mari wujudkan kesepakatan itu melalui karya nyata di Ibu Kota. Selamat Hari Kebangkitan Nasional! #HariKebangkitanNasional #Harkitnas2019," tulisnya.

(Baca juga: Harkitnas: Momentum Memahami Sejarah untuk Merajut Persatuan Bangsa)

Sebagaimana diketahui, inti peristiwa Hari Kebangkitan Nasional adalah lahirnya sebuah organisasi pribumi dari golongan priayi, Boedi Oetomo, pada 20 Mei 1908. Peristiwa ini dianggap sebagai titik balik pergerakan nasional terhadap kolonialisme Belanda.

Titik balik di mana spirit persatuan dan kesatuan serta nasionalisme hingga kesadaran untuk kemerdekaan Indonesia muncul lewat organisasi yang didirikan dr Sutomo dan sejumlah tokoh lainnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini