Soal Hasil Pilpres, TKN Dukung Mencari Keadilan Melalui MK bila Ada Kerugian

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Rabu 22 Mei 2019 08:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 22 605 2058747 soal-hasil-pilpres-tkn-dukung-mencari-keadilan-melalui-mk-bila-ada-kerugian-hezBRfIKyS.jpg Wakil Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Ahmad Rofiq. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Ahmad Rofiq, wakil sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, mengatakan menghormati upaya semua pihak yang tidak puas dengan hasil penghitungan suara Pemilihan Presiden 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) menempuh jalur hukum melalui Mahkamah Konstitusi (MK).

"Jalur ke MK adalah jalur konstitusional. Kita mendukung semua upaya mencari keadilan melalui MK bila dirasa ada kerugian," kata Rofiq ketika dikonfirmasi Okezone, Rabu (22/5/2019).

(Baca juga: Sayangkan Demo di Bawaslu Ricuh, Perindo: Massa Harusnya Bisa Mengendalikan Diri saat Ramadan)

Namun, lanjut dia, TKN juga optimis bahwa tuduhan kecurangan yang bersifat terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) tidak akan terbukti mengingat terjadi kesalahan penghitungan suara akibat faktor kelelahan oleh penyelenggara di level bawah.

Ilustrasi pemilu. (Foto: Okezone)

"TKN sendiri sangat menghindari praktik-praktik kecurangan, karena itu merusak demokrasi yang selama ini telah berjalan dengan baik," tegas sekretaris jenderal Partai Perindo ini.

(Baca juga: Hary Tanoesoedibjo: Pemilu Telah Usai Saatnya Bersatu Bangun Indonesia Maju & Sejahtera)

Sementara terkait Aksi 22 Mei, terang Rofiq, apa yang disampaikan tidak akan banyak menolong sesuai tuduhan yang ada. Sebab, aksi melalui protes tersebut bukan jalan yang tepat, tapi seharusnya melalui jalur hukum yang sah dan bisa menyimpulkan apakah ada kecurangan atau tidak.

"Protes hasil pemilu itu tidak bisa hanya dengan protes, tapi harus ada data pendukung yang valid. TKN sendiri sangat siap dengan data apabila diperlukan," ungkap Rofiq.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini