nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Angin Kencang dan Gelombang Tinggi Berpotensi Melanda NTT

Adi Rianghepat, Jurnalis · Minggu 26 Mei 2019 18:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 26 340 2060563 angin-kencang-dan-gelombang-tinggi-berpotensi-melanda-ntt-pJfWuSWJRC.jpg Ilustrasi gelombang tinggi. (Foto: Ist)

KUPANG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi adanya angin kencang dan gelombang tinggi di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Petugas BMKG Kupang Wisnu Wardhana, di Kupang, Minggu (26/5/2019), mengatakan potensi angin kencang dan gelombang tinggi itu akan terjadi hingga akhir Mei mendatang.

"Potensi angin kencang diperkirakan masih akan berlangsung sampai akhir Mei atau bisa berlanjut selama tidak ada gangguan misalnya muncul daerah tekanan rendah di Australia yang dapat mengurangi kecepatan angin yang masuk ke Indonesia khususnya di wilayah NTT," katanya.

(Baca juga: Siklon Lili Intai Bali, BMKG Minta Warga Waspada Gelombang Tinggi)

Ia menjelaskan, angin kencang dan gelombang tinggi tersebut dipengaruhi posisi matahari yang saat ini berada di Belahan Bumi Utara (BBU) yang berarti tekanan di utara akan lebih rendah dibanding tekanan di Belahan Bumi Selatan (BBS) yang lebih tinggi. Sehingga, angin bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan yang lebih rendah.

Perbedaan tekanan udara antara Australia (1024 mb) dan NTT (1012 mb) cukup signifikan, hal inilah yang menyebabkan angin terasa kencang di NTT.

Ilustrasi gelombang tinggi air laut. (Foto: Okezone)

Dia menyebutkan, kecepatan angin maksimum yang terukur berkisar 18—22 knots. Akibat kecepatan angin itu, lanjut Wisnu, akan sangat berdampak pada ketinggian gelombang laut di wilayah perairan provinsi berbasis kepulauan tersebut, terutama di bagian selatan hingga barat.

(Baca juga: Gelombang Tinggi Masih Berpotensi Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya)

"Potensi gelombang laut berkisar 2,0—2,5 meter dan diperkirakan tiga hari ke depan akan meningkat," katanya.

Wisnu menyebut potensi angin kencang akan berlangsung sejak siang hingga sore hari di Kupang, Rote, Sabu, Sumba, dan sebagian Alor. Sedangkan potensi gelombang tinggi terjadi di Laut Sawu, Selat Wetar, dan wilayah perairan NTT bagian selatan hingga barat.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini