nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bahas Perdamaian, Tokoh Oposisi Afghanistan dan Taliban Akan Bertemu di Moskow

Agregasi VOA, Jurnalis · Selasa 28 Mei 2019 07:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 28 18 2061147 bahas-perdamaian-tokoh-oposisi-afghanistan-dan-taliban-akan-bertemu-di-moskow-eIDU604gnM.jpg Delegasi Taliban dan Afghanistan berdoa dalam pertemuan di Moskow pada 6 Februari 2019. (Foto: AP)

TOKOH-tokoh oposisi Afghanistan dan wakil-wakil Taliban akan bertemu di Kota Moskow, Rusia, pada Rabu 29 Mei 2019 untuk membahas usaha mencari perdamaian dalam perang Afghanistan yang terus mengakibatkan puluhan korban tiap hari.

Mengutip dari VOA Indonesia, Selasa (28/5/2019), konferensi yang disebut pertemuan Antar-Afghanistan itu terjadi setelah perundingan langsung antara Amerika dan Taliban yang telah diadakan berbulan-bulan tampak melambat atau bahkan macet, karena Taliban tidak mau menghentikan permusuhan sampai pasukan internasional pimpinan Amerika keluar dari Afghanistan.

(Baca juga: Jurnalis Perempuan Terkemuka Afghanistan Ditembak Mati di Siang Hari Bolong)

Amerika mengaitkan penarikan pasukan dengan janji Taliban untuk menghentikan serangan, gencatan senjata, dan ikutnya Taliban dalam perundingan damai dengan Pemerintah Afghanistan serta kelompok-kelompok lain.

Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan satu hari sebelum pertemuan pada Rabu itu, wakil-wakil Taliban dan Afghanistan akan bertemu untuk memperingati ulang tahun ke-100 hubungan diplomatik antara Rusia dan Afghanistan. Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov akan menyampaikan pidato pembukaan dalam pertemuan itu, jelas pihak Kementerian LN Rusia.

(Baca juga: Ledakan Bom di Masjid Afghanistan Tewaskan Tiga Jamaah Salat Jumat, Lukai 32 Lainnya)

Pertemuan khusus ini akan dihadiri antara lain oleh mantan presiden Afghanistan, Hamid Karzai; dan Mohammad karim Khalili, kepala dewan perdamaian tinggi Afghanistan, yang bertugas mengusahakan rekonsiliasi antara kelompok-kelompok oposisi. Beberapa diplomat Pemerintah Afghanistan di Moskow juga akan hadir dalam pertemuan tersebut.

Juru bicara Taliban mengatakan, Kepala Perwakilan Taliban di Qatar Mullah Abdul Ghani Baradar akan memimpin delegasi yang beranggotakan 14 pejabat seniornya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini