Ketua KPU: Prabowo-Sandi Sengketakan 326 Hasil Penghitungan Suara

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 29 Mei 2019 16:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 29 605 2061852 ketua-kpu-prabowo-sandi-sengketakan-326-hasil-penghitungan-suara-P8qBH0HnxX.jpg Ketua KPU RI, Arief Budiman. (Foto : Muhamad Rizky/Okezone)

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengungkapkan terdapat 326 sengketa hasil pemilu yang diperkarakan pasangan capres dan cawapres, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Saya enggak hapal ya, ada 326 sengketa, bisa tersebar di banyak tempat. Tapi saya enggak hafal," kata Ketua KPU RI Arief Budiman usai menghadiri Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) Tahun 2018 dan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II Tahun 2018 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/5/2019).

Arief menerangkan, kubu nomor urut 02 itu hampir menggugat hasil penghitungan suara di seluruh provinsi. Karena itu, tercatat ada 326 daerah yang disengketakan mereka di MK.

"Hampir di semua provinsi, tapi tidak di kabupaten dan kota," katanya.

Arief menjelaskan, kubu Prabowo-Sandi juga mempersoalkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada di semua provinsi.

Gedung KPU RI. (Foto : Harits Tryan Akhmad/Okezone)

"Pilpres itu juga mereka mempersoalkan DPT bermasalah di provinsi. Selebihnya menyangkut proses penyelenggaraan," ucapnya.

KPU akan menggelar pertemuan bersama KPUD pada Jumat, 31 Mei 2019, guna membahas sejumlah sengketa dalam hasil rekapitulasi yang ada di daerah tersebut.


Baca Juga : KPU Gandeng 5 Kantor Pengacara untuk Hadapi Gugatan Prabowo-Sandi

Arief memastikan KPU siap untuk menghadapi gugatan dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi di MK tersebut.

"Karena tidak semua daerah disengketakan. Jadi kami sudah siapkan semua mulai dari jawabannya, alat buktinya, termasuk orang-orangnya. Termasuk saksi yang akan kita hadirkan," katanya.


Baca Juga : Fadli Zon Sebut Prabowo Pergi ke Luar Negeri untuk Urusan Bisnis

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini