nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ditjen PAS Klaim Rutan Sigli Aceh Sudah Kondusif Pasca-Kebakaran

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Senin 03 Juni 2019 21:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 03 337 2063526 ditjen-pas-klaim-rutan-sigli-aceh-sudah-kondusif-pasca-kebakaran-2JdCL1eWbP.jpg Rutan Sigli dibakar narapidana (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemasyarakatan Kemenkumham mengklaim bahwa suasana di Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Sigli, Aceh, saat ini sudah kondusif pasca-kerusuhan pembakaran oleh Narapidana (Napi).

"Situasi sudah kondusif, tidak ada korban jiwa dan tidak terjadi pelarian, gedung utama yang terbakar, api sudah padam," kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone, Jakarta, Senin (3/6/2019).

Utami menjelaskan, ratusan penghuni Rutan Sigli kini sudah dapat ditenangkan oleh aparat keamanan. Namun, sampau saat ini masih terus dilakukan penjagaan.

"466 orang penghuni Rutan Sigli sudah dapat dikendalikan, saat ini Kepala Rutan bersama Dandim Pidie masih terus melakukan pendekatan dan komunikasi dengan warga binaan," tutur Utami.

Rutan Sigli dibakar Napi (Foto: Istimewa)

(Baca Juga: Rutan Sigli Aceh Dibakar Gara-Gara Dispenser Tahanan Disita Petugas)

Menurut Utami, peristiwa diperkirakan bermula pada pukul 12.00 WIB. Terjadi kesalahpahaman antara warga binaan dan seorang petugas, yang akhirnya menimbulkan percekcokan yang berujung pada pembakaran dan kerusuhan.

"Kebakaran dan kerusuhan dapat dipadamkan bekerjasama dengan Polres dan Pemadam Kebakaran Pidie," ujar Utami.

"Kepastian penyebab kerusuhan masih dilakukan penyelidikan dan pendalaman oleh Tim Divisi PAS Banda Aceh bersama Polres Pidie," imbuh Utami.

Utami mengingatkan kepada seluruh Lapas dan Rutan agar menjaga lingkungan tetap kondusif.

"Dalam pelaksanaan tugas harus berdasar aturan dan sesuai SOP yang diterapkan dengan baik dan benar. Penegakan hukum sekaligus pelindungan HAM, teriring doa semoga kita senantiasa dalam lindungannya," tutup dia.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini