nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jamaah An-Nadzir di Kabupaten Gowa Salat Idul Fitri Hari Ini

Herman Amiruddin, Jurnalis · Senin 03 Juni 2019 08:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 03 609 2063288 jamaah-an-nadzir-di-kabupaten-gowa-salat-idul-fitri-hari-ini-OWAikj62SS.jpg (Foto: Herman/Okezone)

MAKASSAR - Ratusan Jamaah An-Nadzi melaksanakan Salat Idul Fitri di halaman Masjid Baitul Muqaddis, Kelurahan Romang Lompoa, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Senin (3/6/2019) pagi.

Pelaksanaan Salat Idul Fitri setelah sehari sebelumnya para jamaah An-Nadzir melakukan musyawarah dan menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada hari ini.

Ketua Dewan Pengawas dan Penanggung Jawab Pendidikan dan Pembangunan Jamaah An-Nadzir Gowa, Ustadz M. Samiruddin mengatakan, berdasarkan kesepakatan bersama dari tim sembilan yang telah dibentuk untuk pemantauan terhadap bulan, maka ditetapakan 1 Syahwal pada hari ini.

"Sudah bertahun-tahun An-Nadzir itu kan antara lain mengamati bulan akhir untuk mengetahui syakban itu melalui pengamatan untuk mengetahui 1 Syawal yang telah berakhir di bulan Ramadan," kata Samir saat usai membawakan ceramah salat Idul Fitri.

Jamaah An-Nadzir. (Foto: Herman A/Okezone)

Untuk bulan ini kata Samir, selain tahapan awal, kemudian dilihat lagi pada sempurnanya purnama yang ada. Selanjutnya tinggal menghitung sampai 3 terakhir.

"Di situ kita merumus berapa menit dia mendapatkan malam ketika bulan terbit sebelum fajar sidik. Itu kadang-kadang kalau kita tidak teliti tidak bisa membedakan. Tetapi yang sempurna itu 15, nah kita harus mampu menyimpulkan itu. Fajar sidik ini juga harus kita tahu. Karena ada dua fajar sidik. Dan itu sangat menentukan perjalanannya bulan terakhir itu," ujarnya.

Lalu yang terakhir pengamatan juga dapat dilakukan dengan berkaitan fenomena alam.

Jamaah An-Nadzir. (Foto: Herman A/Okezone)

"Kadang-kadang angin, kilat kemudian yang terakhir itu adalah pasang puncak air laut dan insyaAllah kita semuanya ini amati. Kemudian kita musyawarah dan alhamdulillah kita yakin hari ini 1 syawal," ujarnya.

Pantauan Okezone, para jamaah terlihat berkumpul melaksanakan Salat Idul Fitri Pukul 06.30 Wita. Para jamaah An-Nadzir dominan dengan rambut gondrong dan berwarna pirang serta berpakaian serba hitam.

Usai melaksanakan Salat idul Fitri, jamaah An-Nadzir langsung saling berpelukan dan minta maaf satu sama lain.

Terlihat, beberapa jamaah pun tak sanggup menahan derai air matanya saat sedang berpelukan. Dan meski cuaca sedang mendung, Salat Fitri ini berjalan dengan khidmat.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini