nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kasus Bom Pospam Kartosuro Identik di Mapolresta Solo, Ini Faktanya

Taufik Budi, Jurnalis · Selasa 04 Juni 2019 22:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 04 512 2063743 kasus-bom-pospam-kartosuro-identik-di-mapolresta-solo-ini-faktanya-TfZyEbjKmr.jpg Lokasi bom bunuh diri di Pospam Ketasuro (foto: Bram/Okezone)

SEMARANG - Kasus bom bunuh diri yang menyasar Pospam Tugu Kartasuro Sukoharjo, pada Senin 3 Juni malam, menggegerkan warga. Kasus bom bunuh diri menjelang Hari Raya Idul Fitri ini kembali mengingatkan publik pada aksi serupa tiga tahun silam.

Pengamat terorisme, Najahan Musyafak, mencatat terdapat fakta-fakta yang mirip pada teror tersebut. Mantan Ketua Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jateng, periode 2012-2017 itu membeber fakta-faktanya.

 Bom Bunuh Diri di Pospam Kartasuro

1. Sasaran polisi

"Sasarannya adalah kepolisian, aparat kepolisian. Itu jika diidentifikasi tiga tahun yang lalu kan sama penyerangan kepada Mapolresta Solo itu," ujar Najahan, Selasa (4/6/2019).

2. Daya ledak rendah

"Baik yang dulu (tiga tahun lalu) dengan saat ini menggunakan bom daya ledak rendah. Buktinya saat ini yang terluka hanya satu orang yakni terduga pelaku sendiri. Begitu pula dulu, yang terluka pelaku dan seorang polisi, itu pun karena menghalang-halangi," tambah dia.

3. Mendekati lebaran

 

"Kalau dari sisi motif, kesamaan modus operandi yaitu satu menjelang hari raya Lebaran," sebutnya.

 Bom Bunuh Diri di Pospam Kartasuro

4. Pelaku beraksi sendiri

"Sama dengan pelaku (pengeboman) Mapolresta Solo, ini pelaku Rofik juga beraksi sendiri," tutur dia.

Sekadar diketahui, aksi bom bunuh diri menyasar Mapolresta Solo, pada 5 Juli 2016, pukul 07.45 WIB. Pelaku bom bunuh diri itu bernama Nur Rohman (31), warga Pasar Kliwon Solo.

Tiga tahun berselang, teror yang menyasar aparat kepolisian kembali terjadi pada Senin 3 Juni 2019, sekira pukul 22.30 WIB. Terduga pelaku yakni Rofik Asharudin (22) warga Kranggan Kulon Wirogunan Kartasura, Sukoharjo.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini