nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelaku Bom Bunuh Diri Pos Polisi Kartosuro Disebut Bomber Lone Wolf

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 05 Juni 2019 16:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 05 512 2063907 pelaku-bom-bunuh-diri-pos-polisi-kartosuro-disebut-bomber-lone-wolf-ZvA8sZzXXH.jpg Bom (ist)

JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan bahwa pelaku bom bunuh diri Pos pemantauan mudik Lebaran Tugu Kartosuro, Solo, Jawa Tengah, seorang bomber yang bergerak sendiri atau "Lone Wolf".

"Nah ini dalam kasus ini sampai hari ini, kesimpulan kita sementara sudah mendekati 90 persen ya bahwa itu adalah lonewolf," kata Tito di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (5/6/2019).

 Baca juga: Berantas Terorisme, Panglima TNI Tunggu Keppres untuk Terjunkan Koopssusgab

Tito menjelaskan, dari informasi sementara, pelaku bernama Rofik Asharudin diketahui tidak tergabung dalam kelompok terorisme di dalam ataupun luar negeri.

 lokasi pospam Kartosuro

Menurut Tito, berdasarkan pemeriksaan, pelaku pernah satu kali ikut pengajian yang di dalamnya memang pernah ada yang terpapar jaringan terorisme. Namun, ketika didalami dia tak ikut jaringan terorisme apapun.

 Baca juga: Istana: Pelaku Bom Bunuh Diri di Kartosuro Tak Terdeteksi

Mantan Kapolda Metro Jaya itu menduga bahwa pelaku mempelajari aksi terorisme dan merakit bom dari media sosial atau ikut kegiatan umum di suatu tempat lalu terinspirasi sendiri, dibaiat sendiri melakukan operasi sendiri hingga membuat bom sendiri.

"Itu dia belajar dari internet melalui handphone, kemudian dia membeli juga, semua dia beli sendiri," ujar Tito.

 Baca juga: Pelaku Pengeboman Pospam Kartosuro Diperiksa Intensif Polda Jateng

Sekedar diketahui, pelaku menggunakan bom pinggang saat meledakan Pos pemantauan mudik Lebaran Tugu Kartosuro, Solo, Jawa Tengah. Akibat ledakan bom bunuh diri itu, pelaku tersebut menderita luka di perut dan tangan kanan.

Dari hasil pemeriksaan sementara bom yang digunakan pelaku diketahui memiliki daya ledak yang rendah atau Low Exsplosive. Kejadian itu, terjadi di depan pos pengamanan lebaran di Kartosuro, Jawa Tengah, Senin malam, 3 Juni 2019 sekitar pukul 22.30 WIB.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini