KPU Resmi Kirimkan Jawaban dan Bukti atas Gugatan Prabowo-Sandi ke MK

Fahreza Rizky, Jurnalis · Rabu 12 Juni 2019 18:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 12 605 2065777 kpu-resmi-kirimkan-jawaban-dan-bukti-atas-gugatan-prabowo-sandi-ke-mk-TeOJibGXRO.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi menyerahkan jawaban dan disertai alat bukti terkait gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) yang diajukan Prabowo-Sandi ke Mahkamah Konstitusi (MK). KPU mengklaim telah menyerahkan bukti secara rinci kepada MK. Jumlahnya sebanyak 272 kontainer plastik dari 34 provinsi.

"Hari ini tanggal 12 Juni tepat pukul 15.30 WIB tadi kita sudah serahkan jawaban termohon, atas pengajuan pemohon yang sudah masuk untuk PHPU Pilpres 2019," kata Ketua KPU Arief Budiman di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (12/6/2019).

 (Baca juga: Bawaslu Serahkan 134 Alat Bukti ke MK terkait Gugatan Prabowo-Sandi)

Saar bertandang ke MK, Arief ditemani jajarannya yang lain seperti Ilham Saputra, Evi Novida Ginting, Hasyim Asy'ari dan Ketua Bawaslu Abhan.

"Kita sudah siapkan dokumen keseluruhan sampai dengan dokumen paling detail yang snagat rinci. Ini akan terus bergulir tadi sudah masuk mungkin sekitar enam box. Tadi 11 provinsi yang lain masih diverifikasi di lantai 4 jadi seluruh dokumennya dan ini masih terus berdatangan," tutur Arief.

 mahkamah konstitusi

KPU mengklaim akan bisa menjawab gugatan yang diajukan Prabowo-Sandi dengan baik. Pasalnya, KPU mengaku selalu bisa mempertanggungjawabkan apa yang telah dikerjakannya selama ini.

"Sudah kita siapkan semua, jadi pada intinya 34 provinsi dokumen dan data sudah siap semua," ujar Arief.

 (Baca juga: 32 Ribu Personel Disiagakan Jelang Sidang Perdana Gugatan Pilpres di MK)

Dalam perkara ini, pemohon ialah paslon 02 Prabowo-Sandi, termohon ialah KPU, dan pihak terkait ialah Jokowi-Ma'ruf dan Bawaslu. Adapun gugatan Prabowo sudah secara resmi diregistrasikan MK. Perkara tersebut teregister dengan nomor 01/PHPU/PHPU-PRES/XVII/2019.

Permohonan Prabowo-Sandi yang diregistrasi adalah berkas awal yang telah disetorkan pada 24 Mei 2019 lalu. Sedangkan perbaikan permohonan yang dilakukan kemarin telah dilampirkan dalam permohonan yang sudah diregistrasi.

"Nah permohonan yang diregistrasi adalah permohonan awal yang tanggal 24 mei," kata Juru Bicara MK Fajar Laksono, Selasa 11 Juni 2019.

Sidang perdana gugatan Prabowo-Sandi di MK digelar pada Jumat, 14 Juni 2019. Agenda sidang ialah mendengarkan permohonan pemohon.

 Pemilu Serentak 2019

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini