nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pansel Capim KPK Sambangi Mabes Polri, Kapolri: Kami Akan Berusaha Berikan Calon yang Terbaik

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Kamis 13 Juni 2019 17:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 13 337 2066139 pansel-capim-kpk-sambangi-mabes-polri-kapolri-kami-akan-berikan-calon-yang-terbaik-MDKHGMwiVR.jpg Pansel Capim KPK datangi Mabes Polri (Foto: Harits/Okezone)

JAKARTA - Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan (Capim) KPK kali ini mendatangi Mabes Polri untuk melakukan audensi dengan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Sebelum pansel capim KPK sempat melakukan audiensi dengan Jaksa Agung.

Ketua Pansel Calon Pimpinan KPK, Yenti Garnasih menjelaskan ihwal kedatangannya ke Mabes Polri guna menanyakan hubungan antara para penegak hukum yaitu Polri, Kejaksaan Agung dan KPK.

"Kami menanyakan sejauh ini bagaimana hubungan di antara lembaga penegak hukum terhadap tindak pidana korupsi," kata Ketua Pansel Calon Pimpinan KPK, Yenti Garnasih di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (13/6/2019).

Selain itu, pihaknya juga mendorong agar dari pihak Polri mendaftar sebagai capim dari lembaga Korps Bhayangkara. Apalagi sesuai undang-undang bahwa komisioner KPK berasal dari unsur pemerintah dan unsur masyarakat.

"Unsur pemerintah diantaranya adalah penegak hukum. KPK adalah lembaga penegakan hukum dan pencegahan korupsi. Jadi oleh karenanya kami mengundang memohon kepada Pak Kapolri untuk pak Kapolri mengirimkan calon-calonnya untuk mendaftar sebagai calon komisioner KPK," kata Yenti.

Capim KPK

Baca Juga: Pansel Bakal Coret Capim KPK Jilid V yang Tersangkut Korupsi

Sementara, Kapolri Jendral Tito Karnavian menyatakan jika pihak Polri akan mengirimkan perwira tinggi terbaik guna mengikuti seleksi capim KPK.

"Polri juga akan berusaha mengirimkan perwira-perwira terbaik khususnya perwira tinggi yang terbaik," kata Kapolri Jendral Tito Karnavian.

Soal kriteria calon pimpinan KPK, Tito menuturkan pihaknya akan mengirimkan perwira yang memiliki hal track record yang baik dan memiliki kemampuan di bidang reserse dan penanganan kasus korupsi.

"Selain itu sehat jasmani rohani dan nanti akan mengikuti asesment dan juga tes dari panelis pansel, membuat makalah dan yang lainnya. Oleh karena itu kami tentu berusaha memberikan calon-calon yang terbaik," imbuh Tito.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini