nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Khamenei: AS Tak Bisa Lakukan Apa pun Jika Iran Ingin Buat Senjata Nuklir

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 14 Juni 2019 11:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 14 18 2066363 khamenei-as-tak-bisa-lakukan-apa-pun-jika-iran-ingin-buat-senjata-nuklir-Kp8yvxbiKX.jpg Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei bertemu dengan Perdana Menteri Jepang, Abe Shinzo di Teheran, 13 Juni 2019. (Foto: Reuters)

TEHERAN - Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei memperingatkan bahwa Amerika Serikat (AS) tidak akan dapat melakukan apa pun jika Iran ingin membuat bom nuklir, karena melakukan pembicaraan dengan Washington tidak memberikan hasil yang berarti. Meski begitu, dia menegaskan bahwa Teheran tidak ingin membuat senjata pemusnah massal itu.

Komentar dari Sang Pemimpin Tertinggi disampaikan pada Kamis di tengah pembicaraan dengan Perdana Menteri Jepang, Abe Shinzo. Khamenei menegaskan bahwa dia tidak berminat menerima pesan yang dibawa PM Abe dari Presiden AS, Donald Trump.

“Saya pribadi tidak menganggap Trump layak untuk bertukar pesan apa pun, dan tidak memiliki dan tidak akan memberikan respons apa pun untuknya,” kata Khamenei sebagaimana dilansir RT, Jumat (14/6/2019).

Khamenei mengatakan dia tidak ingin "mengulangi pengalaman pahit" dari perjanjian nuklir 2015, yang dibubarkan secara sepihak setelah Trump menjabat. Meskipun Washington menyatakan desakan tiba-tiba untuk duduk dan melakukan "negosiasi yang jujur," Khamenei mengatakan bahwa "kejujuran sangat langka di antara negarawan Amerika."

Meskipun mengatakan bahwa Teheran tidak mungkin untuk melakukan pembicaraan baru dengan AS dalam waktu dekat, pemimpin Iran itu menegaskan bahwa negaranya masih menentang pembuatan senjata nuklir, meskipun dengan persyaratan mereka sendiri.

“Saya telah mengeluarkan fatwa yang melarang produksi senjata nuklir, tetapi Anda perlu tahu bahwa jika kita ingin membuat senjata nuklir, Amerika Serikat tidak bisa berbuat apa-apa,” ujarnya.

Meskipun berbagai hal tampaknya menemui jalan buntu dalam hubungan dengan Iran dengan AS, kunjungan PM Abe dianggap produktif dalam mengembangkan hubungan yang lebih dekat antara Iran dan Jepang. Abe mengatakan kepada wartawan bahwa setelah kunjungan itu bahwa Iran telah berjanji untuk tidak mengembangkan senjata nuklir, dan memuji keyakinan Khamenei akan perdamaian.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini