nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Skadron 33 TNI AU Resmi Dibentuk di Lanud Hasanuddin

Herman Amiruddin, Jurnalis · Jum'at 14 Juni 2019 16:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 14 609 2066540 skadron-33-tni-au-resmi-dibentuk-di-lanud-hasanuddin-JynShRp8FQ.jpg Skadron 33 (Foto: Herman/Okezone)

MAKASSAR - Pembetukan kesatuan Skadron Udara 33 TNI Angkatan Udara merupakan pecahan dari Skadron 31 dan 32 yang bermarkas di Lanud Halim Perdana Kususma Jakarta dan Lanud Abdurahman Malang diresmikan.

Skadron 33 diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Yuyu Sutisna. Ia mengatakan Skadron 33 bertugas untuk membantu operasi sebagai pesawat angkut berat membantu mengirim pasukan dan logistik.

"Untuk keperluan militer seperti operasi, pengiriman pasukan dan logistik dan antisipasi angkut bantuan bencana alam. Skadron 33 memiliki 3 pesawat dari Lanud Abdurahman Malang dan 1 dari Halim Perdana Kusuma Jakarta," kata Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Yuyu Sutisna di Makassar, Jumat (14/6/2019).

Baca Juga: Sambut HUT ke-73, TNI-AU Gandeng Padi Reborn Gelar Konser di Ketinggian 15.000 Kaki

Lanud Hasanudin

Ia menyebutkan Skadron 34 memiliki personel 71 orang terdiri navigator dan 4 pesawat.

"Kita tempatkan di sini empat. Sambil kita menunggu kita lagi mengadakan pesawat baru. sehingga menjadi 5 pesawat. Yang baru harus menunggu satu sampai dua tahun sudah ada pesawatnya," lanjut Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Pembentukan Skadron diharapkan mampu membantu operasi-operasi militer di Indonesia.

"Yang penting dulu pemeretaan untuk seluuruh Indonesia. Secara teknis mesin lebih baru. Banyak kelebihannya. Pangkalan-pangkalan yang tepat sesuai kondisi strategis ditempatkan," ungkapnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini