nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Setnov Dipindah ke Lapas Gunung Sindur Setelah Tepergok Pelesiran

CDB Yudistira, Jurnalis · Sabtu 15 Juni 2019 00:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 15 525 2066665 setnov-dipindah-ke-lapas-gunung-sindur-setelah-tepergok-pelesiran-UNhTuz5vT4.jpg Setya Novanto dipindah ke Lapas Gunung Sindur Bogor. (Foto: CDB Yudistira/Okezone)

BANDUNG – Setya Novanto, terdakwa kasus korupsi proyek E-KTP, terpergok pelesiran saat izin berobat keluar Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Peristiwa itu terjadi pada Jumat 14 Juni 2019 siang.

Berdasarkan informasi yang beredar, Novanto pergi ke sebuah tempat penjualan bahan bangunan di Padalarang. Bahkan, fotonya saat berkunjung cepat beredar luas.

Dalam foto tersebut Setnov tampak mengenakan kemeja lengan pendek, kepalanya memakai topi hitam, dan wajahnya ditutupi masker.

Ia tampak berbincang dengan seorang wanita berjilbab yang sedang menenteng tas berwarna merah.

(Baca juga: Setnov Berseliweran di Restoran Padang Dekat RSPAD, Ini Tanggapan KPK)

Atas perbuatan itu pun Setnov langsung mendapat tindakan tegas dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Barat. Setnov pada Jumat malam langsung dipindah ke Lapas Gunung Sindur, Bogor.

"Setya Novanto akan saya pindahkan ke Lapas Gunung Sindur," ucap Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar Liberti Sitinjak, di Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Kota Bandung.

Setya Novanto. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

Ia mengaku lalai terkait melakukan pengawalan terhadap Setnov. Pengawal Setnov ketika pelesiran juga bakal diperiksa.

"Atas nama Kemenkumham, saya mohon maaf kepada publik bahwa apa yang terjadi hari ini adalah murni kesalahan kami dan sebagai konsekuensi dari kelalaian, pemeriksaan sedang kami lakukan," kata Liberti.

(Baca juga: Dirjen PAS Akui Setnov Makan Bubur ke Restoran Dekat RSPAD Usai Diperiksa Dokter)

Sementara Kepala Lapas Sukamiskin Tejo Harwanto mengatakan Setnov pada Jumat siang kemarin memang keluar dengan izin berobat ke Rumah Sakit Santosa, Bandung.

Tejo mengatakan, pemeriksaan kesehatan itu mendapat pengawalan ketat dari pihak petugas Lapas Sukamiskin dan kepolisian.

"Dengan pengawalan melekat petugas kepolisian dan petugas Lapas," kata dia di waktu yang sama.

Namun, Tejo tidak mengetahui terkait pelesiran mantan ketua DPR RI tersebut.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini