nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertama Kali Muncul di Bangladesh Sejak 1949, Serigala Langka Mati Dipukuli Petani

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 17 Juni 2019 19:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 17 18 2067480 pertama-kali-muncul-di-bangladesh-sejak-1949-serigala-langka-mati-dipukuli-petani-fO5bkyLHdj.jpg Foto: AFP.

DHAKA - Seekor serigala abu-abu India yang pertama kali terlihat di Bangladesh dalam delapan dekade terakhir telah dipukuli sampai mati oleh petani setelah hewan itu memangsa ternak mereka. Berdasarkan catatan Serikat Internasional Konservasi Alam, spesies serigala abu-abu terakhir kali terlihat di Bangladesh pada 1949.

Warga lokal di sebuah kota dekat Sundarbans, hutan bakau terbesar di dunia yang melingkupi India dan Bangladesh, dilaporkan telah menangkap dan membunuh serigala itu karena menyerang ternak mereka.

"Dengan gambar-gambar itu kami mengonfirmasi bahwa hewan itu adalah serigala abu-abu India," kata Y.V Jhala dari Wildlife Institute of India sebagaimana dilansir AFP, Senin (17/6/2019).

Jhala mengatakan bahwa meski diperkirakan masih ada sekira 3.000 serigala abu-abu di India, beberapa di penangkaran, mereka telah hilang dari habitatnya di utara dan barat laut Bangladesh pada 1940-an.

Anwarul Islam, ahli zoologi di Universitas Dhaka, mengumpulkan sampel DNA dari hewan tersebut ketika timnya mencari tanda-tanda lebih banyak serigala abu-abu India di wilayah itu.

"Menyedihkan karena dipukuli sampai mati. Kita perlu melakukan investigasi lebih lanjut untuk mengetahui apakah ia bepergian dalam satu kumpulan," kata Islam.

Serigala itu terbunuh pada awal Juni tetapi baru diidentifikasi ketika foto bangkainya dikirim ke para ahli.

Sejumlah hewan - termasuk hyena bergaris, rusa rawa dan kijang hitam - telah menghilang dari Bangladesh dalam beberapa dekade terakhir.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini