nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tolak Permintaan Keluarga, Otoritas Mesir Makamkan Eks Presiden Morsi di Kairo

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 18 Juni 2019 14:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 18 18 2067826 tolak-permintaan-keluarga-otoritas-mesir-makamkan-eks-presiden-morsi-di-kairo-wHTVwDqDR1.jpg Mantan Presiden Mesir Mohammed Morsi. (Foto: EPA)

KAIRO – Mantan Presiden Mesir, Mohammed Morsi telah dimakamkan beberapa jam setelah dia kehilangan kesadaran dan meninggal dunia di persidangan pada Senin. Pengacara Morsi mengatakan bahwa tokoh Ikhwanul Muslimin itu telah dimakamkan di timur Kairo pada Selasa pagi dengan dihadiri keluarganya.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia, yang telah mengkritik kondisi tempat Morsi ditahan, telah menyerukan dilakukannya penyelidikan yang netral atas kematiannya. Keluarganya dan aktivis telah berulang kali mengajukan kekhawatiran tentang kesehatannya dan jumlah waktu ia ditahan di sel isolasi, jauh dari kunjungan oleh pengacara dan keluarga.

Putranya, Abdullah Mohamed Morsi, mengatakan kepada Reuters pada Senin bahwa pihak berwenang Mesir telah menolak permintaan keluarga untuk menggelar pemakaman umum di kota kelahirannya.

Seorang tokoh utama dalam gerakan Islam yang sekarang dilarang di Mesir, Ikhwanul Muslimin, Morsi menjadi pemimpin pertama yang dipilih secara demokratis di negara itu pada 2012. Dia digulingkan dan ditahan dalam kudeta militer setahun kemudian setelah demonstrasi besar-besaran menentang pemerintahannya.

Abdul Fattah al-Sisi, seorang mantan kepala pasukan Mesir, menjadi presiden Mesir menggantikan Morsi dan telah berkuasa sejak 2014.Setelah Morsi dilengserkan, pihak berwenang melancarkan penumpasan terhadap para pendukungnya dan mereka yang dianggap membangkang terhadap pemerintah, menyebabkan puluhan ribu orang ditangkap.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini