JK Yakin Situasi Nasional Aman saat Sidang Putusan MK

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 25 Juni 2019 16:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 25 605 2070707 jk-yakin-situasi-nasional-aman-saat-sidang-putusan-mk-65JJFdqzNo.jpg Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meyakini situasi keamanan nasional aman dan kondusif saat sidang pembacaan putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) pada Kamis 27 Juni.

"Saya yakin juga besok lusa ini akan aman-aman saja. Lagian sudah capek semua," kata JK di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (25/6/2019).

(Baca juga: Wapres JK Sebut Sidang MK 2014 dengan 2019 Berbeda)

Ia menuturkan, ketika pembacaan putusan sengketa hasil pilpres lima tahun lalu, situasi keamanan nasional aman dan damai tanpa ada gerakan massa seperti saat ini.

Mahkamah Konstitusi (MK). (Foto: Okezone)

"Kalau yang dulu, apa namanya, biasa saja, karena hanya ke MK tanpa ada suatu gerakan massa begitu. Kalau ini didahului oleh suatu gerakan massa, kemudian ke MK," jelas JK.

(Baca juga: Pendukung Prabowo Diminta Berdoa di Masjid, Suporter Jokowi Diimbau Tak ke MK)

Meski demikian, ia mengapresiasi langkah calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto yang menginstruksikan pendukungnya untuk tidak melakukan gerakan massa saat putusan MK pada Kamis 27 Juni.

"Tapi saya apresiasi Pak Prabowo yang menginstruksikan tidak ada aksi massa, tapi yang Anda tahu ya 21–22 Mei itu. Kalau dulu tidak ada, jadi aman-aman saja," ucap JK.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini