Menengok Keindahan Kawasan Gunung Bromo yang Diselimuti 'Salju'

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 27 Juni 2019 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 27 519 2071487 menengok-keindahan-kawasan-gunung-bromo-yang-diselimuti-salju-Mi4HQO4QLT.JPG (Foto: Instagram @ojekgunung)

MALANG - Suhu dingin di kawasan Gunung Bromo memunculkan ‘salju’ yang membuat takjub para wisatawan. ‘Salju’ tampak di beberapa lokasi seperti Ranupani, Cemorolawang, dan Penanjakan. Foto-foto keindahan kawasan Gunung Bromo diselimuti es itu diunggah oleh akun Instagram @ojekgunung.

Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Data Evaluasi, Pelaporan, dan Humas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarif Hidayat mengatakan, fenomena adanya salju atau yang disebut frost ini memang sudah berjalan sejak pertengahan Juni.

Foto: akun Instagram @ojekgunung

"Frost sudah sejak beberapa waktu, saat ini masih ada dan dilaporkan oleh teman-teman di lapangan, baik di Ranupani, Cemorolawang, dan Penanjakan," kata Sarif saat dihubungi Okezone, Kamis (27/6/2019).

Menurutnya, fenomena frost memang kerap kali muncul saat Gunung Bromo memasuki musim kemarau, bahkan juga terjadi pada tahun lalu.

Foto: akun Instagram @ojekgunung

"Frost biasanya terjadi antara Pukul 04.00-06.00 pagi, saat matahari muncul di wilayah terjadinya frost," ujarnya.

Foto: akun Instagram @ojekgunung

Kemunculan frost memang bukan tanpa sebab, suhu dingin di kawasan Gunung Bromo di angka 8 derajat sampai 12 derajat saat siang hari, dan 0 derajat sampai 7 derajat saat malam hingga menjelang pagi hari, membuat ‘salju’ muncul.

"Kalau malam hingga pagi hari suhunya 0 derajat sampai 7 derajat. Biasanya berlangsung sampai jam 07.00 sampai matahari muncul. Itu tergantung pancaran sinar mataharinya, jika minim frost bisa berlangsung sampai jam 09.00 pagi," ujarnya.

Hawa dingin ini membuat Sarif mengimbau agar para wisatawan yang mengunjungi kawasan Gunung Bromo untuk mengenakan jaket tebal guna menghalau dingin.

Foto: akun Instagram @ojekgunung

"Saya mengimbau wisatawan untuk tetap menjaga diri menggunakan jaket tebal supaya untuk menghangatkan diri," imbaunya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini