Hakim MK Satu Suara Tolak Gugatan Prabowo

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Kamis 27 Juni 2019 21:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 27 605 2071870 hakim-mk-satu-suara-tolak-gugatan-prabowo-YCMob93uPj.jpg Suasana Sidang Gugatan Sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta (foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA - Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) satu suara dalam memutuskan menolak seluruh gugatan permohonan dari kubu Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno soal sengketa Pemilu 2019.

Dalam keputusan itu, sembilan Hakim MK mengambil keputusan bulat tanpa adanya perbedaan pendapat Hakim atau Dissenting Opinion.

Baca Juga: Sah! MK Tolak Seluruh Gugatan Prabowo-Sandi 

"Demikian diputus dalam rapat pemusyawaratan hakim (RPH) oleh sembilan hakim konstitusi, pada Senin (24/6) yang disampaikan dalam rapat pleno terbuka untuk umum pada Kamis (27/6) yang selesai diucapkan pukul 21.16 WIB oleh sembilan hakim konstitusi di atas," kata Anwar dalam amar putusannya di Ruang Sidang MK, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2019).

9 Hakim MK Sepakat Bacakan Putusan Sengketa Pilpres 2019 Hari Ini 

Dalam pertimbangannya, Hakim MK tercatat menolak seluruh gugatan dari pihak pemohon. Mulai dari soal pelanggaran terstruktur, sistematis, masif (TSM), klaim kemenangan 52 persen kubu Prabowo dianggap tak memiliki bukti yang kuat.

Lalu, soal jabatan Ma'ruf Amin sebagai dewan penasihat di dua Bank Syariah juga ditolak oleh Hakim MK. Lalu, MK juga menanggap dalil soal TPS siluman juga tidak jelas.

Baca Juga: Prabowo: Putusan MK Sangat Mengecewakan Kami 

MK memutuskan menolak seluruh gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2019 yang dilayangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

"Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya, permohonan pemohon tidak beralasan hokum," ujar Ketua Majelis Hakim MK, Anwar Usman dalam amar putusannya di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2019) malam.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini