nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seorang Bocah Terseret Kabel Sutet hingga Ketinggian 30 Meter dan Jatuh ke Sawah

Antara, Jurnalis · Sabtu 29 Juni 2019 17:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 29 340 2072564 seorang-bocah-terseret-kabel-sutet-hingga-ketinggian-30-meter-dan-jatuh-ke-sawah-j44sosIYDK.jpg Simulasi Evakuasi Korban Sutet (foto: Okezone)

PADANG - Seorang anak bernama Ikbal Andani (12) warga Jorong Sungai Padi Utara Kabupaten Solok Selatan terseret kabel Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) setinggi 30 meter dan terjatuh hingga mengakibatkan seluruh badannya memar.

Orang tua korban Febriyenti (40), di Padang Aro, mengatakan, pada Jumat 27 Juni 2019, pukul 15.00 WIB anaknya Ikbal beserta empat temannya bermain di sekitar kabel SUTET yang masih kendor di sawah warga. Menurut dia pada saat itu anaknya memegang kabel SUTET saat pekerja melakukan penarikan, sehingga membuat Ikbal terseret dengan ketinggian sekira 30 meter.

"Anak saya terseret kabel hingga ke atas karena ia berpegang ke kabel dan setelah selesai penarikan posisinya sudah tinggi dan tidak kuat lagi bergantung sehingga jatuh ke pematang sawah dan sampai di bawah tidak sanggup lagi bergerak," cerita Febriyenti seperti dilansir Antaranews, Sabtu (29/6/2019).

Simulasi Evakuasi Korban Sutet 

Dia menyebutkan, orang yang pertama kali melihat anaknya terseret sampai terjatuh adalah seorang petani yang sedang bekerja di sekitar proyek. Setelah melihat anaknya jatuh petani tersebut memberitahukan ke rumah karena takut kalau langsung menolong.

"Mendapat kabar itu suami saya langsung menjemput Ikbal ke lokasi dan membawanya ke rumah," ujarnya.

Usai dibawa ke rumah Ikbal tidak langsung dibawa ke dokter atau rumah sakit tetapi dirawat di rumah sampai pukul 18.30 Wib.

"Saat sampai di rumah anak saya tidak bisa menggerakkan badannya bahkan untuk duduk saja tidak bisa dan seluruh tubuhnya memar," katanya.

Setelah salat Magrib, katanya, pihak perusahaan datang ke rumah dan membawa Ikbal ke Puskesmas Lubuak Gadang. Setelah sampai di Puskesmas Lubuak Gadang, Ikbal langsung dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Solok Selatan untuk mendapatkan perawatan.

"Hari ini Ikbal akan dirujuk ke salah satu rumah sakit di Padang untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut, " katanya.

Site manager PT Rekadaya Elektrikal Wendi mengatakan, pihaknya beserta sub kontraktor PT IKAM sudah mendatangi keluarga korban.

"Untuk pembiayaan perawatan Ikbal akan dibahas lebih lanjut dengan subkontraktor PT IKAM," ujar Wendi.

Dia menjelaskan pekerja lapangan sebetulnya sudah memperingatkan anak-anak untuk tidak bermain di sekitar proyek. Menurut dia jarak antara menara cukup jauh sehingga hal seperti itu sulit dipantau oleh pekerja di lapangan.

Kemudian terkait rambu peringatan, kalau di dekat lokasi pekerjaan ada tetapi di sepanjang bentangan kabel memang tidak ada.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Solok Selatan AKP M Rosidi mengatakan pihaknya sudah menerima laporan terkait kelalaian perusahaan dalam melaksanakan satu pekerjaan.

"Laporan sudah kami terima dan petugas akan melakukan pengecekan lapangan dulu," urai dia.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini