nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

685 Siswa Bakal Bertarung di Olimpiade Sains Nasional 2019

Minggu 30 Juni 2019 23:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 30 1 2072928 685-siswa-bakal-bertarung-di-olimpiade-sains-nasional-2019-vBsxAOlEzk.jpg Foto: dok.Humas Kemendikbud

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah menggelar Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk tingkat SD, SMP dan SMA besok.

Kompetisi ini sendiri diikuti 685 siswa dari berbagai sekolah di Indonesia. Rincian pesertanya yaitu untuk Bidang Matematika diikuti 77 Peserta, Bidang Fisika 79 Peserta, Bidang Kimia 74 Peserta, Bidang Informatika/Komputer 75 Peserta, Bidang Biologi 77 Peserta, Bidang Astronomi 72 Peserta, Bidang Ekonomi 77 Peserta, Bidang Kebumian 77 Peserta, dan Bidang Geografi diikuti 77 Peserta.

Adu kecerdasan ini digelar di tiga tempat, yakni Manado, Tomohon, dan Kabupaten Minahasa. Sementara untuk upacara pembukaan OSN 2019 akan berlangsung di Grand Kawanua Convention Centre Manado.

Dalam keterangan tertulisnya, Kemendikbud mengatakan tujuan pelaksaan OSN 2019 ada empat, yakni:

Pertama mengembangkan bakat, kompetensi dan kecintaan siswa dalam bidang sains. Kedua, menumbuhkembangkan karakter siswa yang kompetitif, jujur, pekerja keras, menghargai prestasi, tangguh dan cinta tanah air.

Ketiga menjaring siswa-siswa unggul di bidang Matematika Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Astronomi, Kebumian, Geografi dan Ekonomi, untuk dipersiapkan menjadi anggota tim nasional dalam kompetisi internasional.

Lalu keempat memacu peningkatan mutu pendidikan khususnya di bidang sains, sertamenumbuhkan rasa persatuan dan persahabatan di antara siswa berprestasi dari seluruh Indonesia.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini