nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jalan Objek Wisata Curug Parigi Ditutup, Pemkot Bekasi Akui Kekurangan Biaya

Wijayakusuma, Jurnalis · Senin 01 Juli 2019 21:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 01 338 2073357 jalan-objek-wisata-curug-parigi-ditutup-pemkot-bekasi-akui-kekurangan-biaya-3iiUJP0wUV.jpg Akses jalan menuju wisata curug Parigi Bekasi ditutup (Foto: Wijaya/Okezone)

BEKASI - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi buka suara terkait belum terealisasinya wacana untuk menjadikan Curug Parigi sebagai lokasi wisata. Padahal Curug Parigi yang berlokasi di Cikiwul, Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, punya potensi untuk dijadikan lokasi wisata.

Menurut Kabag Humas Pemkot Bekasi, Sajekti Rubiyah, ada kendala yang dihadapi Pemkot dalam upaya mengembangkan potensi wisata Curug Parigi, yakni terkait anggaran untuk pembebasan lahan di sekitar curug yang dimiliki oleh pihak swasta.

"Akses masuk ke lokasi menjadi kendala kami, karena akses ke Curug Parigi dimiliki masyarakat atau pihak swasta. Oleh karena itu dibutuhkan anggaran yang cukup besar untuk pembebasan," kata Sajekti kepada Okezone dalam keterangan tertulis, Senin (1/7/2019).

(Baca Juga: Akses Masuk Curug Parigi yang Katanya Jadi Objek Wisata Ditutup)

Dengan kondisi keuangan Pemkot Bekasi saat ini, kata dia, masih belum memungkinkan untuk melanjutkan wacana pengembangan lokasi wisata Curug Parigi, sehingga terpaksa dilakukan penundaan.

"Karena kondisi keuangan Kota Bekasi tidak memungkinkan, maka pengembangan wisata Curug Parigi mengalami penundaan," tulisnya.

Namun demikian, Pemkot Bekasi disebutkan akan tetap berusaha untuk merealisasikan apa yang sudah diwacanakan terkait pengembangan potensi wisata Curug Parigi.

"Walaupun mengalami kendala terkait pembebasan lahan dan akses masuk ke lokasi Curug Parigi, Pemkot Bekasi tetap optimis untuk menggali potensi wisata yang ada termasuk Curug Parigi," tulisnya lagi.

Curug Parigi

Sajekti pun menegaskan, bahwa pengembangan sektor pariwisata ini nantinya akan berpengaruh terhadap peningkatan kas daerah serta mengangkat perekonomian warga sekitar. Karenanya, Pemkot akan terus berupaya untuk mengembangkan berbagai potensi wisata lainnya yang terdapat di Kota Bekasi.

"Pemkot Bekasi akan etis berusaha dan berupaya membangun destinasi wisata di Kota Bekasi secara bertahap dan berkelanjutan. Selain nantinya bisa menjadi sumber pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemkot Bekasi pada 2016 lalu sempat mewacanakan pengembangan Curug Parigi untuk lokasi wisata. Namun, wacana tersebut urung terealisasi lantaran berpolemik dengan sang pemilik tanah, PT Peni Jaya Haribaja. Dan sejak 10 bulan terakhir, Curug Parigi pun ditutup untuk umum oleh PT Peni.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini