Kabinet Baru Jokowi Diprediksi Bakal Gemuk, 6 Menteri Lama Dipertahankan

Taufik Budi, Jurnalis · Senin 01 Juli 2019 22:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 01 605 2073308 kabinet-baru-jokowi-diprediksi-bakal-gemuk-6-menteri-lama-dipertahankan-dxyCUjzIHy.jpg Penetapan Jokowi-Ma'ruf Amin Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih di KPU, Jakarta (foto: Okezone)

SEMARANG - Susunan kabinet pada periode kedua pemerintahan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) disebut bakal lebih gemuk dari sebelumnya. Orang-orang yang duduk di jajaran elite menteri diperkirakan merupakan wajah-wajah baru.

"Dugaan saya kabinet besok itu adalah kabinet gemuk, karena terlalu banyak utang budi Jokowi terhadap pihak-pihak, pada pihak yang membantu memenangkan, mereka yang menjaga stabilitas supaya kondusif ke depan sama-sama membangun bangsa," kata pengamat politik Universitas Diponegoro (Undip), Teguh Yuwono, Senin (1/7/2019).

Baca Juga: Soal Jatah Kursi Menteri, PPP: Biasanya yang Berharap-harap Tak Dapat 

Ketua Program Magister Ilmu Politik FISIP Universitas Diponegoro itu menyampaikan, komposisi kabinet bakal menggabungkan antara politisi dan profesional. Meski demikian, kalangan politisi disebut jumlahnya lebih dominan agar bisa mengakomodasi banyak parpol pengusung ketika Pilpres 2019.

"Feeling saya akan kabinet ini akan gemuk dan akan diisi oleh komposisi orang-orang yang profesional dan orang-orang yang punya kontribusi terhadap kemenangan politiknya. Jadi pertimbangan politik. Feeling saya pertimbangan politik lebih banyak daripada profesional," terangnya.

"Menteri-menteri yang punya prestasi bagus, punya kedekatan emosional awareness dengan Pak Jokowi bagus, saya kira menteri-menteri lama masih ada yang dipertahankan mungkin ada 5-6 orang," pungkas pria asal Ungaran Kabupaten Semarang itu.

Baca Juga: NasDem Sarankan Gerindra, PKS dan PAN Tetap Jadi Oposisi 

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini