nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BMKG: Gelombang Tinggi Akan Terjadi di Laut Jabar hingga Sepekan

CDB Yudistira, Jurnalis · Rabu 03 Juli 2019 10:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 03 525 2074002 bmkg-gelombang-tinggi-akan-terjadi-di-laut-jabar-hingga-sepekan-HRUaFDbM6L.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

BANDUNG - Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui statiun Geofisika Bandung mengeluarkan prakiraan gelombang tinggi di perairan Jawa Barat.

"Perairan sebelah Utara Jawa Barat 0,0 meter - 0,8 meter, untuk perairan sebelah Selatan Jawa Barat 2,0 meter - 4,0 meter," ujar Muhamad Iid Mujtahiddin Peneliti Cuaca dan Iklim BMKG Jabar, Rabu (3/7/2019).

 Baca juga: BMKG: Suhu Udara di Indonesia Akan Lebih Panas pada 2020-2030

Tinggi gelombang air laut di prediksi bakal terus terjadi hingga enam hari kedepan di awal bulan Juli 2019 ini. Dari catatan prakiraan gelombang tinggi yang terjadi di Jabar, bakal berlangsung mulai hari ini hingga dengan 8 Juli mendatang.

 Gelombang Tinggi

"Untuk ketinggian gelombang, di wilayah selatan bisa mencapai 5 meter sementara di perairan utara bisa mencapai dua meter," ucapnya.

 Baca juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Waspada Hujan Petir di Bogor

Dihubungi terpisah, Kepala Staf Geofisika Klas 1 Bandung Toni Agus Wijaya menuturkan, gelombang tinggi terjadi karena adanya penjngkatan angin.

"Penyebabnya karena peningkatan kecepatan angin di samudra hindia, di selatan Jabar," katanya di waktu yang sama.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini