nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BPBD Dibantu TNI Berhasil Padamkan Kebakaran Lahan di Nagan Raya

Antara, Jurnalis · Sabtu 06 Juli 2019 02:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 05 340 2075286 bpbd-dibantu-tni-berhasil-padamkan-kebakaran-lahan-di-nagan-raya-n8sLWA83Hj.jpg ilustrasi (Foto: Okezone)

NAGAN RAYA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari jajaran Kodim 0116 Nagan Raya, Provinsi Aceh bersama Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) setempat berhasil mengendalikan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di dua kecamatan di daerah itu.

Sebelumnya, kebakaran melanda lahan seluas 20 hektare di Desa Cot Mue, Kecamatan Tadu Raya dan Desa Kuala Tripa, Kecamatan Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh.

"Kebakaran di Desa Cot Mue, Kecamatan Tadu Raya, Nagan Raya sudah padam," kata Dandim 0116 Nagan Raya, Letkol Kavaleri Nanak Yuliana, mengutip dari Antaranews, Jumat (5/7/2019).

Sedangkan kebakaran di dua lokasi di kawasan Desa Kuala Tripa, Kecamatan Tadu Raya, kata dia, kobaran api sudah berhasil dikendalikan dan dipadamkan dengan persentase berkisar antara 70 persen hingga 80 persen.

Menurut Dandim, kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di daerah itu berhasil dikendalikan setelah pihaknya bersama BPBD, Polri, Tagana, dan masyarakat melokalisir sebaran api dengan cara membuat parit di beberapa lokasi kebakaran, dan dilakukan pemadaman dengan cara menyiramkan air ke titik api dan cara manual lainnya.

Pemadaman Karhutla via Udara

Pihaknya juga mengerahkan pompa air ke sejumlah lokasi untuk mendukung upaya pemadaman karena kendaraan pemadam kebakaran belum bisa menjangkau lokasi kebakaran.

"Kita berharap setelah kebakaran ini reda, tidak ada lagi kejadian serupa di Nagan Raya. Kita akan terus melakukan patroli untuk memantau titik tertentu guna memastikan tidak ada lagi titik api di lahan milik masyarakat," kata dia.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini