nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antisipasi Puncak Kemarau, Pemprov Jatim Distribusikan 450 Tangki Air Bersih

Syaiful Islam, Jurnalis · Senin 08 Juli 2019 20:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 08 519 2076269 antisipasi-puncak-kemarau-pemprov-jatim-distribusikan-450-tangki-air-bersih-8ocOfBBdZx.jpg ilustrasi

SURABAYA - Memasuki musim kemarau, Pemprov Jatim mendistribusikan 450 tangki air bersih kepada warga di Kabupaten Pacitan dan Ponorogo. Setiap tangki berisi 6000 liter. Distribusi air bersih dilakukan untuk mengantisipasi puncak kemarau.

Hal tersebut seperti disampaikan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Pihaknya telah memetakan daerah mana yang mengalami kekeringan dan membutuhkan bantuan air bersih, selanjutnya melakukan berbagai ikhtiar dan langkah untuk mencari solusinya.

"Mengantisipasi puncak kemarau, Pemprov Jawa Timur mendistribusikan bantuan 450 tangki air bersih @6000 liter kepada warga Kabupaten Pacitan dan Ponorogo," kata Khofifah, Senin (8/7/2019).

Khofifah Indar Parawansa

Baca Juga: Lepaskan Keramaian Politik, Sandiaga Juara 3 di Trifactor Triathlon Belitung

Menurut Khofifah, sedikitnya ada 24 kabupaten mengalami kekeringan di Provinsi Jatim. Sedangkan yang cukup luas dan parah adalah Pacitan, Tuban, dan Lamongan. Pihaknya menghimbau agar masyarakat lebih menghemat penggunaan air bersih semaksimal mungkin.

Khusus areal sawah, pemprov akan mengatur debit air yang akan dialirkan melalui irigasi-irigasi dengan tim Balai Besar Wilayah Bengawan Solo. Sehingga puncak musim kemarau bisa dilewati bersama.

"Mudah-mudahan, puncak kemarau ini bisa kita lewati bersama. Tolong jaga agar tidak terjadi karhutla. Jaga agar pola hidup bersih dan sehat tetap terjaga agar terjauh dari virus yang menyebabkan terjangkit Hepatitis A. Semoga ihtiar kita berjalan baik dan tidak ada dampak berarti bagi Jawa Timur. Amin," papar Khofifah.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini