nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebagai Garda Terdepan, Peran Guru Tak Tergantikan di Revolusi Industri 4.0

Jum'at 12 Juli 2019 17:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 12 1 2078100 sebagai-garda-terdepan-peran-guru-tak-tergantikan-di-revolusi-industri-4-0-9QDwJrigb2.jpg Foto: dok Kemendikbud

TANGERANG –Indonesia saat ini memasuki era revolusi industri 4.0 yang membuat teknologi semakin cepat berkembang. Dampak dari revolusi ini semakin banyaknya bisnis digital dan semakin berkembangnya teknologi.

Oleh karena itu, untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0. Peran guru tidak bisa tergantikan, karena guru menjadi garda terdepan dalam pembentukan SDM yang unggul . Sementara profesi-profesi lain di masa mendatang mungkin akan dapat tergantikan oleh mesin atau robot.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Supriano mengatakan Guru tidak boleh hanya berfokus mengajarkan suatu materi pembelajaran tapi melupakan pendidikan karakter.

“Jangan hanya mengharapkan anak didik pandai matematika, tetapi di saat bersamaan karakternya kurang baik,” ujarnya saat Seminar Nasional Guru Pendidikan Dasar Berprestasi Tahap 1 Tahun 2019, yang diselenggarakan Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Ditjen GTK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan di Gading Serpong, Tangerang, beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Supriano menegaskan kepada 180 orang guru SD dan SMP dari 31 provinsi di Indonesia, bahwa pendidikan karakter sebagai salah satu unsur penting dalam upaya menyiapkan anak didik untuk menghadapi masa depan, khususnya era revolusi industri 4.0.

Mantan Direktur Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, ini mengatakan guru harus dapat menjadi “penjaga gawang” yang mampu memfilter segala pengaruh buruk dari perkembangan zaman bagi para siswa.

“Guru juga harus menjadi “fasilitator” agar siswa dapat berpikir kritis dan kreatif, sekaligus menjadi “katalisator” yang dapat mendorong anak didik agar bisa berhasil di berbagai bidang sesuai minat dan kemampuannya,” pungkasnya.

Diselenggarakan dua kali dalam setahun dalam rangka melaksanakan fungsi penghargaan guru dan memfasilitasi pengembangan profesi guru jenjang pendidikan dasar, Seminar Nasional Guru Pendidikan Dasar Berprestasi kali ini mengambil tema “

Di dalam kegiatan yang bertajuk “Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Guru Pendidikan Dasar pada Era Revolusi Industri 4.0.” guru-guru yang terlibat diberikan kesempatan mempresentasikan makalah dan poster mereka di hadapan rekan sejawat. Para peserta saling belajar dan berbagi inspirasi serta motivasi untuk selalu mengembangkan diri dan berprestasi.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini