nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puluhan Satpol PP Dikerahkan untuk Antisipasi Datangnya Pencari Suaka di Kebon Sirih

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 12 Juli 2019 01:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 12 338 2077835 puluhan-satpol-pp-dikerahkan-untuk-antisipasi-datangnya-pencari-suaka-di-kebon-sirih-sJ5V1c6MEM.jpg Pencari Suaka di Kawasan Kebon Sirih (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerjunkan 30 personel Satpol PP di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Hal itu untuk mengantisipasi kembali datangnya pencari suaka yang tidur di kawasan tersebut.

Wakil Walikota Jakarta Pusat, Irwandi mengatakan, pihaknya melarang mereka untuk kembali bermukim di trotoar. Sebab, dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum jelas trotoar tidak boleh digunakan selain untuk pejalan kaki.

"Kami sudah menugaskan 30 personil satpol PP untuk menjaga trotoar dan sekitarnya dari para pencari suaka," kata Irwandi saat dikonfirmasi, Kamis (11/7/2019).

Irwandi menyebutkan, bahwa mereka terus bertambah seiring relokasi yang dilakukan sedari siang. Ia mengaku bahwa taman yang rusak karena ditempati pencari suaka saat ini tengah diperbaiki.

"Kami juga membereskan taman yang rusak," kata dia.

Baca Juga: Pencari Suaka di Kebon Sirih Akan Dipindahkan ke Kalideres

Suaka

Sebelumnya, Plh Gubernur DKI Jakarta Saefullah mengatakan, pihaknya memutuskan untuk memindahkan para pencari suaka yang ada di trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat ke lahan eks Kodim Jakarta Barat di Kalideres.

Ia menyatakan bakal mendirikan tenda-tenda untuk tempat tinggal mereka. Dirinya mengaku tak bisa memastikan pemindahan ke sana sampai kapan.

"Sepertinya di Kalideres, ada aset kita, makanya saya cek ke sana kesiapan tenda paling tidak MCK dan air. Tanah aset pemda, nanti di tenda," kata Saefullah kepada wartawan di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini