nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ritual Bakar Batu Digelar untuk Temukan Helikopter TNI AD yang Hilang Kontak di Papua

Edy Siswanto, Jurnalis · Sabtu 13 Juli 2019 02:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 12 340 2078278 ritual-bakar-batu-digelar-untuk-temukan-helikopter-tni-ad-yang-hilang-kontak-di-papua-LDTs3QYR9z.jpg Ritual Bakar Batu Dilakukan untuk Mempermudah Pencarian Helikopter MI-17 Milik TNI AD yang Hilang Kontak di Papua (Foto: Dokumen Pendam XVII/Cendrawasih)

JAYAPURA - Upaya pencarian helikopter MI -17 bernomor register HA-5138 berpenumpang 13 orang kru dan Satgas Perbatasan Negara Yonif 725/ WRG terus dilakukan.

Bahkan, selain pencarian oleh tim darat dan udara, upaya mencari titik helikopter tersebut juga dilakukan dengan memanjatkan doa. Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pegunungan Bintang.

Baca Juga: Warga Setempat Bantu Aparat Cari Helikopter yang Hilang Kontak di Papua 

Doa dilakukan dalam bentuk upacara sakral bakar batu, yang dihadiri unsur Forkompimda dan tokoh adat dan tokoh masyarakat Kabupaten Pegunungan Bintang.

Perkiraan Route Helikopter MI17 Milik TNI AD yang Hilang Kontak dalam penerbangan Oksibil-Jayapura, (Dok.SAR Jayapura)	 

Wakapendam XVII/Cenderawasih, Letkol Inf. Dax Sianturi mengatakan, upacara sakral bakar batu yang dipimpin oleh Wakil Bupati Pegunungan Bintang, Decky Deal tersebut, digelar pukul 16.00 WIT di Kampung Bulangkop Distrik Okhaom, Kabupaten Pegunungan Bintang.

"Upacara adat bakar batu dalam rangka memanjatkan do'a kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk kelancara pelaksanaan pencarian helikopter,"ucapnya.

"Selain kelancaran pencarian, doa juga dipanjatkan untuk segera dapat menemukan helikopter tersebut,"sambungnya.

Diakui Dax, hingga hari ke -15 pihaknya terus melakukan pencarian baik lewat darat maupun udara. Pelaksanaan Pencarian melalui udara dengan mengerahkan tiga unit pesawat antara lain, Helly bell TNI-AD HA-5177 melaksanakan pencarian 2 kali penerbangan dari bandara Oksibil menuju Kampung Mangabib, pegunungan Botak, Kampung Kobibkop, Distrik Oksebang dan Distrik Oksop.

Hely tipe AS 350 B3E PK-DAP milik perusahaan Sipil dalam mendukung upaya pencarian melaksanakan penerbangan menuju wilayah Diatrik Oskop dan Distri Okhaom.

Sedangkan Pesawat CN A-2907 milik TNI-AD melaksanakan misi flight supporting berangkat dari Sentani Jayapura menuju Oksibil dgn membawa dukungan BBM (avtur), logistik dan Alkom.

Baca Juga: KASAD Tegaskan Pencarian Helikopter MI-17 di Papua Terus Dilakukan 

Sementara itu tim SAR gabungan yang melaksanakan pencarian melalui jalur darat melanjutkan pergerakan ke Distrik Okhaom kompleks.

"Meskipun hingga saat ini belum ditemukan adanya tanda-tanda positif keberadaan pesawat tersebut, tetapi upaya pencarian akan terus dilaksanakan, hingga saat ini belum ditentukan dead line sampai kapan pelaksanaan pencarian tersebut dilaksanakan. Target kami bahwa sasaran akan ditemukan dalam kondisi apapun," ucapnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini