nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyerang Sopir Bus yang Kecelakaan di Tol Cipali Gangguan Jiwa Berat

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Jum'at 12 Juli 2019 16:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 12 525 2078089 penyerang-sopir-bus-yang-kecelakaan-di-tol-cipali-gangguan-jiwa-berat-lDgegLHG91.jpg Karopenmas Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengungkapkan terduga penyerang sopir bus yang mengalami kecelakaan di Tol Cipali, Anshor (29) mengalami gangguan jiwa yang berat.

Menurut Dedi, hasil kejiwaan itu terungkap setelah penyidik melakukan pemeriksaan secara keseluruhan kepada tersangka tersebut.

“Hasil kesimpulan dari pemeriksaan ahli bahwa terperiksa mengalami tanda dan gejala gangguan jiwa berat atau psikotik akut dan sementara,” kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Baca Juga: Polisi Isolasi Anshor Penyerang Sopir Bus yang Kecelakaan di Tol Cipali 

Dedi menyatakan hasil pemeriksaan ahli mengatakan gangguan jiwa yang dialami Anshor masuk dalam kategori skizofrenia paranoid. Gangguan kejiwaan itu disebut membuat Amsor berhalusinasi.

 Ilustrasi

Ahli kejiwaan, sambung Dedi, juga menilai Ansjor tidak dapat mempertanggungjwabkan perbuatannya. “Itu hasil kesimpulan pemeriksaan ahli,” ujar Dedi.

Kendati demikian, Dedi mengatakan, belum memutuskan apakah akan mengeluarkan Surat Penghentian Penyidikan Perkara (SP3). Pasalnya, harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan Jaksa Penuntut Umum.

“Belum (SP3), kan baru keluar (laporan ahli). Nanti dikonsultasikan dulu dengan JPU,” tutur Dedi.

Baca Juga: Tabrakan Beruntun di Tol Cipali, 12 Orang Meninggal Dunia 

Sebelumnya, terjadi tabrakan beruntun di Kilometer 150 Jalan Tol Cipali, tepatnya berada di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, pada Senin 17 Juni 2019 dini hari. Kecelakaan tersebut melibatkan empat kendaraan.

Akibat tabrakan beruntun ini, sebanyak 12 orang meninggal dunia. Sementara 36 orang lainnya yang menderita luka parah dan ringan dirawat di Rumah Sakit Mitra Plumbon, Kabupaten Cirebon.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini