nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trump Tunjuk Juru Runding Program Nuklir Korut Sebagai Dubes Baru AS untuk Indonesia

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu 13 Juli 2019 18:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 13 18 2078487 trump-tunjuk-juru-runding-program-nuklir-korut-sebagai-dubes-baru-as-untuk-indonesia-3eRPkw7Sg8.jpg Sung Yong Kim ditunjuk menjadi Dubes AS untuk Indonesia. (Foto: Bloomberg)

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah menunjuk diplomat yang membantu mengorganisir pertemuan tingkat tinggi (KTT) dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Singapura pada tahun lalu, sebagai Duta Besar (Dubes) AS untuk Indonesia yang baru.

Sung Yong Kim adalah seorang diplomat karier yang saat ini menjabat sebagai Dubes AS untuk Filipina dan perlu mendapatkan konfirmasi dari Senat AS sebelum dipindahkan ke Jakarta. Dia akan menggantikan Dubes Joseph Donovan Jr. yang telah menjabat sebagai di Indonesia sejak 2016.

BACA JUGA: Rayakan Hari Kemerdekaan Ke-243, Dubes AS Tekankan Pentingnya Keberagaman

Sebuah pernyataan dari Gedung Putih yang dilansir South China Morning Post, pada Rabu malam mengatakan bahwa Kim telah menyelesaikan tugas di kedutaan besar AS di Korea Selatan, Jepang dan Malaysia. Dia pernah mengepalai tim AS dalam perundingan program senjata nuklir Korea Utara, dan memimpin persiapan tingkat kerja untuk KTT pertama bersejarah Trump dengan Kim di Singapura pada 2018.

BACA JUGA: Peringati 70 Tahun Hubungan Diplomatik, Indonesia-AS Luncurkan Prangko Peringatan Khusus

Indonesia dan AS memiliki hubungan diplomatik yang telah terjalin erat selama 70 tahun. Kedua negara melakukan kerja sama di berbagai bidang termasuk dalam isu keamanan, kontraterorisme, ekonomi, sosial budaya dan pendidikan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini